Kisaran|pa-kisaran.go.id (17/2/2021)

Wakil Ketua PA Kisaran, Bapak Baginda, S.Ag., M.H. menghadiri undangan Sidang Istimewa dengan acara Laporan Tahunan Mahkamah Agung RI Tahun 2020 yang dilaksanakan secara virtual via Zoom Meeting pada Rabu, 17 Februari 2021 pukul 10.00 WIB.

Sidang Istimewa tersebut dilaksanakan dari Ruang Kusumah Atmadja lantai 14 Mahkamah Agung RI, Jalan Medan Merdeka Utara No. 9–13 Jakarta Pusat.

Sidang yang diikuti oleh seluruh pimpinan pengadilan Tingkat Pertama dan Tingkat Banding ini, menggunakan latar belakang yang sudah disediakan untuk digunakan oleh seluruh peserta. Mahkamah Agung juga memberikan ketentuan khusus untuk memakai pakaian toga lengkap yang disampaikan dalam undangan sidang pada Senin lalu.

Dalam sambutannya, Bapak Presiden RI memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Mahkamah Agung terhadap upaya perluasan implementasi e-court dan e-litigation pada perkara pidana, pidana militer dan jinayat. “Saya gembira karena penyelesaian perkara melalui aplikasi e-court mendapatkan respon yang sangat baik dari masyarakat pencari keadilan. Dan jika dibandingkan tahun 2019, jumlah perkara yang didaftarkan melalui e-court pada tahun 2020 meningkat (sebesar) 295 persen, dan 8.560 perkara telah disidangkan secara e-litigation.”

Beliau juga mengingatkan bahwa akselerasi penggunaan teknologi bukanlah tujuan akhir. Percepatan penggunaan teknologi adalah pintu masuk untuk transformasi yang lebih luas, transformasi yang lebih besar dalam penyelenggaraan peradilan, untuk mempercepat terwujudnya peradilan modern. (FN)