Peradilan Agama adalah salah satu pelaku kekuasaan kehakiman bagi rakyat pencari keadilan yang beragama Islam mengenai perkara tertentu sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 50 tahun 2009 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama. Kekuasaan Kehakiman di lingkungan Peradilan Agama dilaksanakan oleh Pengadilan Agama dan Pengadilan Tinggi Agama yang berpuncak pada Mahkamah Agung sebagai Pengadilan Negara Tertinggi.

Sebagai milik bangsa Indonesia, khususnya yang beragama Islam, Peradilan Agama lahir, tumbuh dan berkembang bersama tumbuh dan berkembangnya bangsa Indonesia, kehadiran Peradilan Agama mutlak diperlukan untuk menegakan supremasi hukum dan keadilan bersama dengan lembaga peradilan lainnya.

Menegakkan supremasi hukum dan keadilan merupakan salah satu tujuan reformasi birokrasi yang dicanangkan Mahkamah Agung Republik Indonesia dan peradilan yang berada dibawahnya termasuk Pengadilan Agama Kisaran.

Pengadilan Agama Kisaran adalah pengadilan tingkat pertama yang berada dalam wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Medan.Pengadilan Agama Kisaran terletak di Jalan Jend. Ahmad Yani No. 73 Kisaran yang mempunyai yurisdiksi 32  Kecamatan dan 356 Kelurahan.

Pengadilan Agama Kisaran bertugas dan berwenang memeriksa, mengadili, memutus, dan menyelesaikan perkara-perkara di tingkat pertama antara orang-orang yang beragama Islam dibidang perkawinan, waris, wasiat, hibah, wakaf, zakat, infaq, shadaqah dan ekonomi syari’ah, sebagaimana diatur dalam pasal 49 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2006 tentang Peradilan Agama.