Kisaran|pa-kisaran.go.id (19/8)

Bertempat di Ruang Media Center Pengadilan Agama Kisaran, Ketua Pengadilan Agama Kisaran, Dra. Hj. Erpi Desrina Hasibuan, SH, MH, beserta seluruh aparatur Pengadilan Agama Kisaran Kelas IB mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Mahkamah Agung Republik Indonesia secara virtual, yang dipimpin langsung oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Yang Mulia Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H. di halaman depan Gedung Mahkamah Agung, Jalan Medan Merdeka Utara, No. 9-13, Jakarta, Rabu (19/8).

Dalam sambutannya, Ketua Mahkamah Agung menyampaikan, hari jadi Mahkamah Agung ke-75 ini justru harus kita jadikan momentum keberlanjutan dan optimalisasi program modernisasi peradilan yang telah dicanangkan sejak tahun 2018. “Pandemi Covid-19 adalah persoalan kesehatan dan keselamatan jiwa manusia yang berdampak pada semua aspek kehidupan, tidak terkecuali pada aspek penegakan hukum dan keadilan. Untuk itu, Mahkamah Agung merespon pandemi ini dengan berpijak pada asas keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi dengan menerbitkan Surat Edaran Mahkamah Agung No. 1 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Selama Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang  Berada di Bawahnya”, ucapnya.

Beliau juga menyampaikan bahwa momentum ini menjadi waktu yang tepat dalam memaksimalkan pemanfaatan teknologi untuk diabdikan bagi penyelengara peradilan. Fondasi yang telah diletakkan oleh Mahkamah Agung pada tahun 2018 melalui administrasi perkara di pengadilan secara elektronik (e-Court), dilanjutkan dengan lompatan berikutnya pada tahun 2019 dengan persidangan elektronik (e-Litigation), memberikan manfaat bagi lembaga peradilan dalam menghadapi masa krisis.

Mengakhiri sambutannya, Ketua Mahkamah Agung mengajak semua warga peradilan untuk secara bersama-sama dengan semua elemen masyarakat Indonesia mewujudkan Indonesia Maju dengan berkontribusi secara maksimal melalui peran yang di emban di lembaga peradilan. Modernisasi yang di lakukan pada lembaga peradilan merupakan wujud konkret dari wajah Negara Hukum Indonesia di era teknologi informasi saat ini.