Jum’at 11/07/14 Pengadilan Agama Kisaran melakukan rapat evaluasi. Dengan mengambil tempat di ruang sidang II, rapat dimulai pada pukul 09.00 Wib dan berakhir pada pukul 11.30 Wib yang dihadiri oleh Ketua, Hakim-hakim, Panitera, Wakil Panitera, para Panitera Muda, Panitera Pengganti, Wakil Sekretaris, para Kepala Urusan, staf dan semua karyawan honorer. Rapat evalusi ini dimaksudkan adalah untuk mengevaluasi hasil kerja selama 6 (enam) bulan yang telah berlalu di tahun 2014. Di samping itu evaluasi ini juga dimaksudkan untuk menilai dan mengukur perkembangan kinerja seluruh pegawai di bidang dan bagiannya masing-masing terutama dalam hal menyelesaikan tugas pokok dan tugas penunjang di Pengadilan Agama, khususnya di Pengadilan Agama Kisaran.

20140711_090558

Panitera/Sekretaris PA Kisaran (H. Alpon Khoir, S.Ag, MH) menyampaikan bahwa bahwa keadaan perkara :

  1. Gugatan                                                = 488 pkr
  2. Permohonan                                      =   15 pkr
  3. Sisa tahun 2013                                = 125 pkr.
  4. Yang sudah diputus                        = 413 pkr
  5. Sudah masuk arsip                           = 138 pkr
  6. Putusn yang sudah ke direktori  = 302 putusan.

Wakil Sekretaris (Mukhlis Pulungan, S. Ag, MH) menyampaikan bahwa serapan anggaran sampai bulan Juni 2014, untuk Dipa 01 sudah 49,98 %, sedangkan untuk Dipa 04 baru sekitar 14 %. Khusus mengenai Dipa 04 yang masih rendah sekali serapannya, salah satu penyebabnya karena dana untuk perkara prodeo PA Kisaran tahun 2014 ini yang tersedia hampir untuk 300 perkara, nilai nominal untuk 1 (satu) perkara hanya Rp. 160.000,- (seratus enam puluh ribu rupiah), sementara kebutuhan melebihi dari jumlah tersebut, sebenarnya sudah banyak perkara prodeo yang sudah ditangani oleh PA Kisaran, tetapi karena nilainya sebesar itu, maka dengan sendirinya masih banyak tersisa.

Ketua PA Kisaran (Drs. H. Munir, SH, MA) menyampaikan bahwa apa yang disampaikan baik di bidang kepaniteraan maupun kesekretariatan, agar mendapat perhatian yang serius dari semua pegawai sesuai dengan bidang tugas kita masing-masing. Seperti penyelesaian perkara sebagaimana dilaporkan Panitera bahwa perkara sudah diputus sampai juni 413, sementara yang sudah diserahkan ke meja 3 dan masuk arsip baru 138 perkara, berarti lebih setengah yang sudah diputus belum diminutasi, minutasi baru dianggap selesai dan sempurna apabila sudah diserahkan kepada meja 3 dan masuk arsip. Untuk itu mohon kepada Majelis hakim dan Panitera Pengganti untuk segera menindaklanjuti hal ini, meskipun kita akui bahwa ada sebagian perkara yang sudah putus tersebut masih belum BHT dan ada juga dalam proses banding, namun yang sudah BHT untuk segera diselesaikan minutasinya.

Begitu juga di bidang kesekretariatan yang meliputi bidang kepegawaian, keuangan dan umum. Salah satu contoh Simpeg PA Kisaran berada diurutan 6 untuk lingkungan PTA Medan, kepada Kaur Kepegawaian diminta untuk segera mengisi dan memperbaikinya, begitu bidang-bidang lain seperti keuangan dan umum, mhn ditindaklanjuti terhadap kekurangan-kekurangan tersebut. Apalagi pada pertengahan Juni 14 yang lalu baru saja dilalukan pengawasan dan pembinaan dari Hakim Tinggi PTA Medan.

Pada rapat evaluasi ini, ketua juga menyampaikan temuan-temuan dari Hakim Pengawas Bidang PA Kisaran untuk Triwulan II yaitu April-Juni, baik di bidang Manajemen Peradilan, Bidang Administrasi Perkara dan Bidang Kinerja Pelayanan Publik. Ketua menyampaikan terimakasih banyak kepada Hawasbid PA Kisaran yang telah menyampaikan laporan pengawasannya secara objektif dan tepat waktu dan akan ditindak lanjuti terhadap hasil pengawasan tersebut. Kepada semua Pegawai PA Kisaran sekali lagi dimohonkan untuk memberikan perhatian penuh terhadap tugas pokok kita, mari kita bekerja dengan penuh disiplin, baik serta penuh tanggung jawab.