Fakultas Hukum Universitas Asahan melakukan kerjasama dengan Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri Kisaran, Kapolres Asahan dan Walikota Tanjung Balai. Penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) atau Nota Kesepahaman, berlangsung Kamis 26 September 2013 di Aula Fakultas Hukum Universitas Asahan.

Hadir pada acara penandatangan MOU tersebut Walikota Tanjung Balai (Dr. Thamrin Munthe, SH, MA), Ketua Pengadilan Agama Kisaran (Drs. H. Munir, SH, M.Ag), Ketua Pengadilan Negeri Kisaran (Nazar Effendi, SH), Kapolres Asahan, Pemb.Rektor III UNA, Dekan dan Dosen Fak. Hukum dan Mahasiswa Fak. Hukum.

Dekan Fakultas Hukum UNA (Faisal Sadat, S.Ag, SH, MH) menyampaikan bahwa maksud dari perlu adanya Penandatanganan MOU ini adalah dalam rangka peningkatan Status Akreditasi, karena persoalan Akreditasi adalah mutlak harus dimiliki oleh semua Fakultas di semua  Perguruan Tinggi, karena persoalan akreditasi ini juga akan mempengaruhi kepada keyakinan mahasiswa dan public disamping banyak keuntungan lainnya. Karenanya salah satu persyaratan untuk itu adalah adanya kerjasama dengan lembaga terkait, seperti Pemda/Pemko, Pengadilan, Polres dan lain-lain. MOU ini berlangsung selama tiga tahun yaitu 2013-2016.

Ketua Pengadilan Agama Kisaran yang turut memberikan sambutan pada acara penandatangan MOU ini menyatakan menyambut baik hal tersebut sejauh tidak bertentangan ketentuan yang berlaku, karena MOU ini akan menguntungkan bagi kedua belah pihak, disamping memang untuk peningkatan status bagi fakultas itu sendiri tetapi juga saling memberi manfaat bagi kedua belah pihak, misalnya yang sudah dilakukan selama ini penempatan untuk Praktek Peradilan (Peradilan semu), Tenaga Pengajar, Bimbingan klinis, memberi kemudahan bagi Pegawai Pengadilan dalam jadwal perkuliahan. Ketua juga berharap di Fakultas Hukum aka nada Program S.2 Hukum yang bisa kuliah Sabtu Minggu sehingga memudahkan bagi Hakim atau Pegawai yang ingin kuliah untuk program Pasca Sarjana nantinya.