Menindaklanjuti terpilihnya Pengadilan Agama Kisaran sebagai salah satu dari empat PA yang menjadi nominasi pelayanan satu atap, Pimpinan Pengadilan Agama Kisaran  menggelar Rapat Koordinasi dengan para Hakim dan semua Pegawai pada hari selasa (24/09/13) dalam rangka melakukan persiapan-persiapan untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.

Sebagaimana diberitakan, bahwa pada satu pertemuan antara Dirjen Peradilan Agama dengan Tim AIPJ pada hari jum’at (20/09/13) siang, disepakati bahwa ada empat Pengadilan Agama yang dipilih sebagai nominasi pelaksanaan pelayanan satu atap. Keempat PA tersebut adalah Pengadilan Agama Cibinong (Jabar), Pengadilan Agama Giri Menang (NTB), Pengadilan Agama Watampone (Makassar) dan Pengadilan Agama Kisaran (Sumut), kegiatan uji coba ini diharapkan pertama kalinya akan dilakukan pada akhir tahun 2013 ini. Pelayanan terpadu ini akan melibatkan minimal tiga Instansi yaitu : Pengadilan Agama, Kementerian Agama dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Ketua PA Kisaran (Drs. H. Munir, SH, M. Ag) dalam rapat persiapan tersebut menyampaikan bahwa sambil menunggu petunjuk tehnis (juknis) tentang pelaksanaan sidang pelayanan satu atap ini, perlu berkonsultasi dengan Pimpinan PTA Medan, kemudian melakukan koordinasi dengan Intansi dan Dinas terkait seperti Kementerian Agama Kab. Asahan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Asahan, PEKKA Kab.Asahan/Tanjung Balai dan juga dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Asahan untuk mendukung kesuksesan kegiatan Pelayanan Satu Atap ini. Karena sasaran kegiatan tersebut adalah untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat Asahan terutama dikalangan masyarakat miskin mendapat pelayanan hukum secara gratis terutama berkaitan hak-hak identitas, seperti Akta kelahiran, Isbat Nikah, Akta Nikah/Akta cerai.

Ketua sangat mengharapkan terutama kepada semua aparat PA Kisaran untuk mendukung sepenuhnya terhadap kesuksesan pelaksanaan kegiatan ini. Ini adalah merupakan suatu kehormatan dan kepercayaan bagi Pengadilan Agama Kisaran yang patut kita sambut dengan sebaik-baiknya.

Di awal tahun 2013 ini meskipun di DIPA PA Kisaran tidak tersedia dana untuk sidang keliling, namun PA Kisaran yang bekerja sama dengan Pemkab Batubara telah dapat melaksanakan sidang keliling terhadap 203 permohonan isbat nikah bagi masyarakat miskin di beberapa Kecamatan di Kabupaten Batubara.

Akhir tahun 2012 juga PA Kisaran juga tela menyelesaikan lebih dari 600 perkara juga dalam wilayah Kabupaten Batubara. Mudah-mudah program pelayanan satu atap bisa terlaksana dengan sukses dan mendapat dukungan dari pihak-pihak terkait. Amin.