Sabtu (5/10), Keluarga besar PA Kisaran melakukan perjalanan rekreasi ke PLTA Sigura-gura PT.INALUM di Paritohan Kabupaten Tobasa Sumatera Utara yang diikuti oleh seluruh Hakim, Pegawai dan Honorer beserta keluarga. Sementara Ketua PA Kisaran Bapak Drs. H. Munir, S.H, M.Ag  dalam kesempatan kali ini tidak dapat ikut karena beliau sedang kuliah menyelesaikan S3 nya di Medan. Setelah berkumpul terlebih dahulu di Kantor Pengadilan Agama Kisaran, pada pukul 13.30 WIB perjalananpun dimulai rombongan dipimpin oleh Pansek PA Kisaran H. Alfun Khoir Nasution, S.Ag, MH yang mengetahui arah jalan ke tempat yang dituju diikuti 7 buah mobil rombongan.

alt

Sampai di Komplek Perumahan PT. Inalum Paritohan Kabupaten Tobasa


Rombongan akhirnya sampai juga di Paritohan komplek perumahan karyawan PT.Inalum dan disambut dengan hangat oleh Bapak Syaiful Efendi humas PT. Inalum yang sudah menunggu kedatangan kami. Rombongan diantarkan ketempat mess penginapan untuk beristirahat karena sudah pasti lelah mengingat perjalanannya cukup lama mendaki dan berkelok-kelok. Setelah makan malam, rombongan disuguhi hiburan sebuah karoke yang telah disiapkan khusus untuk rombongan PA Kisaran, yang letaknya tidak jauh dari mess tempat menginap. Semua sangat antusias dan semangat bernyanyi dan berjoget bersama sampai-sampai waktu yang dibatasi sampai pukul 22.00 WIB terasa masih kurang.

alt

Bernyanyi dan berjoget bersama keluarga PA Kisaran

Setelah bermalam beristirahat, pagi harinya ikan yang sudah disiapkan telah  menunggu untuk dipanggang ikut memeriahkan suasana sarapan pagi bersama. Setelah sarapan pagi pada pukul 09.00 WIB perjalanan dilanjutkan untuk melihat-lihat bendungan air yang dibangun dengan dinding beton pada tahun 1978, lalu dilanjutkan menuju terowongan bawah tanah dengan kedalaman kurang lebih 200 meter dibawah permukaan laut satu-satunya yang ada di Indonesia dan Asia Tenggara. Namun sayang rombongan tidak dapat masuk untuk melihat turbin generator penghasil listrik yang digerakan oleh air karena karyawannya sedang sibuk dalam pekerjaannya. Rombongan masih dibawa jalan-jalan terus, kali ini menuju kantor pengendali listrik PLTA Sigura-gura. Disana rombongan dapat mendengarkan penjelasan langsung mekanisme cara kerja turbin generator penghasil listrik sampai listrik dialirkan oleh guide yang memandu perjalanan rombongan PA Kisaran.

alt

Menyiapkan sarapan pagi dengan menu ikan panggang

alt

Jalan-jalan ke Bendungan dan Terowongan PLTA Sigura-gura

Setelah puas menikmati alam dan mendapatkan wawasan tentang PLTA Sigura-gura rombongan berpamitan pulang. Perjalananpun dilanjutkan ke Danau Toba untuk makan siang bersama. Kegiatan ini merupakan program dari pimpinan PA Kisaran yang memberikan apresiasinya kepada seluruh Pegawai PA Kisaran karena telah berkerja sama dengan baik sehingga PA Kisaran mendapatkan tiga katagori penghargaan dari PTA Medan beberapa saat yang lalu. Kedepannya masih ada tantangan dan tanggung jawab yang diemban oleh PA Kisaran yaitu masuk salah satu nominasi untuk melaksanakan sidang keliling pelayanan satu atap yang diharapkan bisa terlaksana pada akhir tahun ini. Tentunya dengan harapan dengan semangat baru seluruh tanggung jawab pekerjaan dapat dilaksanakan dengan baik dan kegiatan seperti ini dapat terlaksakan kembali diwaktu-waktu akan datang.