Senin 1 Juni 2017 bertepatan pada tanggal 6 Ramadhan 1438 H merupakan hari pertama kali dilaksanakannya upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di seluruh Indonesia. Pengadilan Agama Kisaran memperingati Hari Lahir Pancasila dengan melaksanakan upacara bendera di halaman gedung kantor PA-Kisaran pada pukul 08.00 WIB dengan dihadiri peserta upacara oleh seluruh Hakim, Pegawai dan honorer.

Adapun yang bertindak langsung sebagai pemimpin atau Inspektur upacara adalah Ketua PA-Kisaran Bapak Drs. M. Ihsan, MH. yang diikuti oleh seluruh Hakim, Pegawai dan Honorer. Sebagai pembawa acara dipimpin oleh Sukirno, SH., sebagai Komandan Upacara oleh Khairul Muhadi, sebagai pembaca pembukaan UUD 1945 oleh Paisal Riza Rawi, ST., sebagai pembaca Kepres No 24 tahun 2016 tentang Penetapan 1 Juni sebagai hari libur nasional dalam rangka Hari Lahir Pancasila oleh Muhammad Nasir, SH., serta ditutup dengan Doa oleh Dr. H. Armansyah, Lc, MH.

LahirPancasila

Dalam upacara, Bapak Drs. M. Ihsan, MH yang bertindak sebagai inspektur dengan didampingi oleh ajudannya M. Iqbal Pulungan, Amd menyampaikan beberapa amanatnya:

Mengucapkan terimakasih kepada seluruh Aparatur Sipil Negara PA-Kisaran yang telah hadir mengikuti upacara Peringatan Kelahiran Pancasila yang ke 72 tahun dengan menindak lanjuti SK Presiden Nomor 24 tahun 2016, ini menunjukan dedikasi dan kedisiplinan yang tinggi sebagai ASN dalam melaksanakan Tugas Negara.

Inspektur upacara juga menjelaskan tentang sejarah kelahiran Pancasila yang diawali dari dibentuknya BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) oleh tentara Jepang yang mengalami kekalahan dalam Perang Dunia II dan menarik simpati dan dukungan rakyat Indonesia yang melaksanakan rapat dari tanggal 29 Mei 1945 sampai dengan 1 Juni 1945. Dan lahirnya Pancasila atas pidato Presiden Ir. Soekarno tanggal 1 Juni 1945 yang kemudian dibentuk tim sembilan untuk merumuskan Dasar Undang-undang dan palsafah negara Indonesia.

doaBersama

Pidato diakhiri dengan membaca Alhamdulillah dan ditutup dengan Doa.

June 1, 2017 Artikel ini telah dilihat : ‘0’ kali
Pengadilan Agama Kisaran Tingkatkan Layanan Elektronik Melalui Sosialisasi dan Monitoring Penyelesaian Perkara Elektronik
Kisaran | https://www.pa-kisaran.go.id Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, ...
Perkara Cerai Gugat dan Penetapan Hak Asuh Anak di Pengadilan Agama Kisaran Berakhir Damai Melalui Mediasi
Kisaran | https://www.pa-kisaran.go.id Dua perkara di Pengadilan Agama Kisaran yang ...
Acara Pengantar Alih Tugas Ketua PA Kisaran Berlangsung Penuh Haru
Kisaran | https://www.pa-kisaran.go.id Pengadilan Agama (PA) Kisaran menyelenggarakan acara pengantar ...
Pengadilan Agama Kisaran Jalani Pemeriksaan Reguler oleh Tim Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI
Kisaran | https://www.pa-kisaran.go.id engadilan Agama Kisaran menerima kunjungan dari Tim ...
PA Kisaran Ikuti Sosialisasi Pengelolaan JDIH Mahkamah Agung RI Secara Daring
Kisaran | https://www.pa-kisaran.go.id Pengadilan Agama Kisaran (PA Kisaran) mengikuti kegiatan ...