Pada bulan Nopember 2014 Pengadilan Agama Kisaran menuntaskan pelaksanaan sidang keliling pelayanan Terpadu bersama Kantor Kementerian Agama dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Batu Bara. Sebanyak 57 Permohonan Isbat Nikah bagi masyarakat Pematang Panjang, Kecamatan Lima Puluh Kabupaten Batu Bara diselesaikan dalam 3 hari persidangan, dengan menghadirkan lima Majelis Hakim. Pada hari Selasa tanggal 11 November 2014 diselesaikan 30 perkara, jum’at 14/11/14 berjumlah delapan belas perkara dan pada hari Rabu 19/11/14 diselesaikan sembilan perkara.

CIMG0061 (Copy)

Dari 57 permohonan Isbat Nikah yang diajukan, 54 permohon dikabulkan, 1 permohonan digugurkan dan dua permohonan ditunda untuk dilanjutkan di ruang sidang Pengadilan Agama Kisaran. 53 permohonan yang telah diselesaikan pada hari itu,  diselesaikan juga permohonan dan Buku Nikah dari Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Lima Puluh Batu Bara. Sedangkan Akta Kelahiran yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil berjumlah 57 lembar, sedangkan selebihnya bagi keluarga yang di isbat tersebut telah mempunyai Akta Kelahiran.

Acara penyerahan Penetapan Isbat Nikah, Buku Nikah dan Akta Kelahiran, dilakukan dalam sebuah acara serimonial yang digabung dengan kegiatan Penyambutan Tahun Baru Islam 1436 H, Tepung Tawar Kepulangan Jamaah Haji Kabupaten Batu Bara tahun 2014 dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Lama yang turut disaksikan oleh semua unsur Forkompinda Kabupaten Bara.

 

Bupati Batubara H. OK. Zulkarnain, SH, MM, diantara sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Batubara beliau menyampaikan bahwa dalam rangka pemenuhan hak-hak identitas bagi warganya terutama dalam mendapatkan Buku Nikah dan Akta Kelahiran, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan Pengadilan Agama Kisaran sejak tahun 2012 yang lalu, dimana pada saat itu sebanyak 800 permohonan Isbat Nikah diajukan dan telah diselesaikan, namun saat saat itu bukan dengan kegiatan terpadu. Namun pada tahun ini kegiatan ini dilakukan secara terpadu dengan melibatkan tiga instansi yaitu Pengadilan Agama Kisaran, Kementerian Agama Batubara dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. BatuBara. Bupati menyampaikan juga bahwa kegiatan ini akan dilanjutkan lagi pada tahun depan yang anggarannya akan dianggarkan dalam APBD Kab. Batubara tahun 2015.

Di akhir sambutannya Bupati menyampaikan terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah melakukan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya.