Pengadilan Agama Kisaran kembali menggelar sidang keliling terpadu yang dimotori oleh Pemerintah Kabupaten Batubara. Sidang terpadu ini di gelar di Aula Kantor Camat Limapuluh kabupaten Batubara, yang terletak sekitar 50 km dari Kantor Pengadilan Agama Kisaran.

Sidang terpadu yang digelar di Kantor Camat Limapuluh ini dibagi menjadi 2 gelombang, yaitu tanggal 11 dan 14 Nopember 2014.

Pada gelombang pertama, tanggal 11 Nopember, jumlah perkara isbat nikah yang disidangkan adalah sebanyak 30 Perkara dan seluruhnya adalah perkara prodeo dan biaya perkara ditanggung DIPA Badilag. Untuk menyelesaikan semua perkara tersebut, PA Kisaran menurunkan 2 majelis hakim yang masing-masing diketuai oleh Mhd. Harmaini, S.Ag., SH dan Drs. Ali Usman.

Dari 30 perkara yang disidangkan, ada 3 perkara yang tidak bisa diputus hari itu juga dikarenakan para pihak tidak hadir atau hanya dihadiri oleh 1 pemohon saja. Terhadap ketiga perkara tersebut, Pengadilan Agama akan menggelar persidangan lanjutan pada tanggal 27 Nopember nanti di ruang sidang kantor Pengadilan Agama Kisaran.

Pada gelombang kedua, sidang dilaksanakan hari jum’at 14 Nopember 2014, dan masih di tempat yang sama. Jumlah yang disidangkan lebih sedikit, yaitu sebanyak 18 Perkara dan seluruhnya juga merupakan perkara prodeo. dan kali ini pun, PA Kisaran mengutus 2 majelis hakim yang masing-masing diketuai oleh Dra. Hj. Nikmah dan Yedi Suparman, S.Hi.

Sidang terpadu ini melibatkan Pengadilan Agama Kisaran, Kementerian Agama Kabupaten Batubara dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (disdukcapil). Pengadilan Agama Bertugas menggelar sidang istbat nikah, dan Kementerian Agama bertugas menerbitkan buku nikah berdasarkan Penetapan Isbat Nikah. Kemudian Disdukcapil menerbitkan Akta Kelahiran.

Panitera Pengadilan Agama Kisaran, H. Alpun Khoir Nasution, S.Ag., MH, yang ikut serta dalam sidang terpadu tersebut menyebutkan bahwa  44  pasang buku nikah  dan 132 lembar Akta kelahiran telah diterbitkan.

[alpine-phototile-for-flickr src=”set” uid=”68216142@N07″ sid=”72157649287948815″ imgl=”fancybox”  style=”cascade” col=”3″ size=”240″ num=”9″ align=”left” max=”100″ nocredit=”1″]