Kisaran | pa-kisaran.go.id (24/08)

Tepat selepas sholat Ashar berjama’ah pada hari Selasa, 24 Agustus 2021 di Musholla Al Mizan PA Kisaran, dilaksanakan Bintal (Bina Mental) yang diikuti oleh seluruh warga PA Kisaran. Bertindak sebagai penceramah, Mhd. Taufik, S.H.I. membawakan materi Bintal dengan topik “Kekuatan Istighfar”.

Dalam ceramahnya, Hakim yang akan segera dilantik sebagai Wakil Ketua PA Binjai itu menceritakan kisah ulama besar Hasan Basri dari Basrah.

Suatu ketika, beliau sedang duduk di masjid dan beberapa orang datang kepada Beliau mengeluhkan berbagai hal. Namun Beliau menjawab semua keluhan yang berdatangan kepadanya dengan memerintahkan untuk beristighfar. Kemudian beliau membacakan firman Allah dalam Surat Nuh ayat 10-12 yang artinya:

“Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.”

Dari kisah tersebut dapat dipetik hikmah bahwa dengan istighfar dan meninggalkan dosa, musibah akan terangkat serta mendatangkan kemudahan rezeki. Semoga Allah memberi taufik kepada kita semua untuk terus memperbanyak istighfar. (FN)