Pemerintah Kabupaten Batu Bara Propinsi Sumatera yang diwakili oleh Kepala Bagian Sosial, Kadis Kependudukan dan catatan Sipil, para Camat, mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Batubara dan Pengurus Himpunan Muballigh Sumatera Utara Cabang Batu Bara, kamis 02/10/14 berkunjung ke Pengadilan Agama Kisaran untuk bersilaturrahmi dan berkoordinasi dengan pimpinan Pengadilan Agama Kisaran berkaitan dengan rencana pelaksanaan sidang keliling pelayanan terpadu yang akan dilaksanakan di Kabupaten Batu Bara.

CIMG2086 (Copy)Kabag Sosial Sekdakab Batu Bara menyampaikan bahwa dirinya bersama Kadisdukpil, para camat dalam Kabupaten Bara diperintahkan oleh Bupati Batubara (OK Arya Zulkarnein, SH, MH) untuk melakukan koordinasi dengan Ketua PA Kisaran. Hal ini juga merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan Bupati dan pimpinan PA Kisaran beberapa bulan yang lalu. Kabagsos menyampaikan bahwa  Pemerintah Kabupaten Bara, siap untuk memfasilitasi kegiatan sidkel terpadu tersebut terutama untuk tahun 2015, sementara untuk tahun 2014 ini, meskipun secara prinsip kami siap tetapi perlu kami berkoordinasi lebih lanjut dengan Bupati.

Bupati merasa tertarik dengan program ini, bahkan pada tahun 2012 dan 2013 yang lalu Bupati Bara telah membatu menfasilitasi sekitar 800 permohonan Isbat Nikah di Pengadilan Agama Kisaran, melalui sidang keliling, namun waktu itu tidak pelayanan terpadu, hanya dengan Pengadilan Agama Kisaran saja. Sedangkan untuk saat ini Bupati telah berkoordinasi dengan Kepala Kementerian Agama Batu Bara dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Batu Bara untuk melakukan kegiatan ini.

Ketua Pengadilan Agama Kisaran (Drs. Munir, SH, M. Ag) dalam pertemuan tersebut menyampaikan  siap untuk melakukan sidang keliling pelayanan terpadu tersebut sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku, namun Ketua berharap kegiatan ini kalau bisa tidaklah dilakukan di akhir tahun sebaiknya kalau mau dilaksanakan paling lambat pada bulan November ini. Untuk kegiatan ini karena melibatkan paling kurang tiga lembaga (Pengadilan Agama, Kementerian Agama dan Disdukpil) Ketua berharap perlu ada yang menjadi fasilitator untuk kegiatan ini. Dalam pertemuan tersebut pihak Pemkab Batubara mempercayakan kepada Pengurus Himpunan Muballig Sumatera utara (HIMSU) Batubara untuk menjadi koordinator yang akan menfasilitasi kegiatan ini.