Kamis  dan Jum’at (14 dan 15 Pebruari 2013) Pengadilan Agama Kisaran  kembali melakukan sidang keliling di Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batu Bara. Dengan mengambil tempat di Aula dan ruangan Kantor Camat Kecamatan Sei Balai  sidang dimulai pada pukul 09.00 Wib dan berakhir pada jam 16.00 Wib, dengan jumlah perkara yang disidangkan adalah 103 perkara permohonan Itsbat Nikah, dengan menghadirkan 4 (empat) Majelis Hakim yang bersidang, masing-masing pada hari kamis (14/2/13) dua Majelis untuk 53 perkara dan jum’at (15/2/13) juga dua majelis untuk 50 perkara.


Ketua PA Kisaran Sebagai Ketua Majelis

Kegiatan ini pada mulanya diprakarsai oleh Pengurus Daerah Front Pembela Islam (FPI) Kabupaten Batu Bara, yang didukung oleh Bupati Kabupaten Batu Bara, Propinsi Sumatera Utara. Wujud dukungan dari Kepala Pemerintahan ini dengan menanggung semua biaya yang diperlukan untuk pendaftaran perkara dan memerintahkan para Camat dalam Kecamatan yang dilakukan sidang keliling tersebut untuk menyediakan tempat dan fasilitas pelaksanaan siding keliling tersebut.


Wakil Ketua PA Kisaran Sebagai Ketua Majelis

H. Alpun Khair Nst, S.Ag, MH (Panitera/sekretaris Pengadilan Agama Kisaran) menyampaikan kepada pa-kisaran.net bahwa perkara Itsbat Nikah yang didaftarkan dan dibiayai oleh Pemkab Batu Bara, untuk tahun 2013 ini telah didaftarkan sebanyak 203 perkara, 103 perkara diantaranya telah disidangkan pada tanggal 14 dan 15 Pebruari ini, sementara sisanya 100 pakara akan disidangkan pada tanggal 28/2/13 dan 01/3/13 yang akan datang, dengan melibatkan empat majelis. Pansek juga menyampaikan bahwa pada tahun 2012 yang lalu, perkara Itsbat Nikah dari Kabupaten Batubara telah diselesaikan sebanyak 605 perkara dengan mengambil tempat di Kecamatan Talawi, Kecamatan Lima Puluh, Kecamatan Medang Deras dan Kecamatan Sei Suka. Sekedar untuk diketahui bahwa Pengadilan Agama Kisaran saat ini wilayah hukumnya mewilayahi dua kabupaten yaitu Kabupaten Asahan dan Kabupaten Batu Bara, sedangkan Kantor Pengadilan Agama sendiri terletak di Kota Kisaran Kabupaten Asahan.

Salah seorang anggota FPI tampak sedang membantu terselenggaranya kegiatan ini

Ketua Pengadilan Agama Kisaran (Drs. H. Munir, SH, M.Ag), menyampaikan terima kasih kepada Bupati Batu Bara dan PD FPI Kab. Batu Bara yang telah berperan aktif dalam membantu masyarakatnya. Kepada majelis makim yang menyidangkan, beliau berpesan agar lebih hati-hati sehingga tidak menimbulkan persoalan dan penyeludupan hukum di kemudian hari. (mnr/it)

February 15, 2013 Artikel ini telah dilihat : ‘0’ kali
Pengadilan Agama Kisaran Tingkatkan Layanan Elektronik Melalui Sosialisasi dan Monitoring Penyelesaian Perkara Elektronik
Kisaran | https://www.pa-kisaran.go.id Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, ...
Perkara Cerai Gugat dan Penetapan Hak Asuh Anak di Pengadilan Agama Kisaran Berakhir Damai Melalui Mediasi
Kisaran | https://www.pa-kisaran.go.id Dua perkara di Pengadilan Agama Kisaran yang ...
Acara Pengantar Alih Tugas Ketua PA Kisaran Berlangsung Penuh Haru
Kisaran | https://www.pa-kisaran.go.id Pengadilan Agama (PA) Kisaran menyelenggarakan acara pengantar ...
Pengadilan Agama Kisaran Jalani Pemeriksaan Reguler oleh Tim Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI
Kisaran | https://www.pa-kisaran.go.id engadilan Agama Kisaran menerima kunjungan dari Tim ...
PA Kisaran Ikuti Sosialisasi Pengelolaan JDIH Mahkamah Agung RI Secara Daring
Kisaran | https://www.pa-kisaran.go.id Pengadilan Agama Kisaran (PA Kisaran) mengikuti kegiatan ...