Pengadilan Agama Kisaran Kelas IB, kembali melaksanakan bimbingan mental (bintal) bulanan pada hari Rabu, 20 Maret 2019 di Mushalla gedung Pengadilan Agama Kisaran selepas shalat ashar. Materi bintal tersebut disampaikan oleh Drs. H. Zulkarnain, M.H. (hakim).

Mengawali bintalnya, beliau melemparkan pertanyaan ringan kepada jamaah tentang kejujuran. “Mengapa kita suka dengan orang jujur, adil, penuh kasih sayang? Mengapa kita lebih nyaman berada di dekat dengan orang baik, daripada dengan orang cerdas atau pintar meskipun bukan satu gelar sudah disandang namun tidak  jujur atau tidak adil?”, tanya beliau.

Kemudian beliau melanjutkan dengan menyampaikan bahwa kesuksesan bukan mutlak ditentukan oleh kecerdasan intelektual,  namun juga kecerdasan emosional. Menurut penjelasan beliau, kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain sehingga kita tahu kapan harus berbicara atau apa yang mau dibicarakan serta bagaimana cara kita menyampaikannya.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa ternyata kesuksesan tersebut tidak menjamin orang bahagia. “Kecerdasan intelektual dan emosial memang kunci kesuksesan, namun belum tentu bahagia”, tegas beliau. “Ketika kita bisa menjawab pertanyaan mengapa ada musibah, mengapa kita diciptakan, kemana kita setelah kematian dan lain sebagainya. Itulah yang namanya kecerdasan  spiritual  yang akan  membuat kita bahagia. Jadi itulah kunci sukses dan bahagia”, jelas beliau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *