C:\Users\BADILAG 411\Downloads\DSC05915.JPG

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Ditjen Badilag) melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Tahun 2023 dan Bimbingan Teknis (Bimtek) secara daring via zoom meeting dan luring di Ballroom Holiday Inn Kemayoran Jakarta, Senin s.d. Rabu (6-8/3/2023). Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Mahkamah Agung (MA), Wakil Ketua MA Bidang Non Yudisial, Ketua Kamar MA, Hakim Agung Kamar MA, Pejabat Eselon I MA, Ketua Museum Rekor Indonesia, Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual, Ketua Pengadilan Tinggi Agama se-Indonesia beserta istri, para Pejabat Eselon II MA, Panitera dan Sekretaris PTA se-Indonesia serta Ketua Pengadilan Agama (PA) berprestasi se-Indonesia.

Rakor dan Bimtek Ditjen Badilag dilaksanakan dengan tujuan mengidentifikai capaian yang telah diperoleh Ditjen Badilag, khususnya pada periode kepemimpinan Direktur Jenderal (Dirjen) Badilag, Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. serta sebagai ajang pemberian apresiasi kinerja Peradilan Agama seluruh Indonesia.

Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. yang akan dilantik Ketua MA sebagai Asesor Sumber Daya Manusia Ahli Utama pada Mahkamah Agung telah menorehkan segudang prestasi baik prestasi instansi maupun individu. Sejak memimpin Ditjen Badilag pada tahun 2018 hingga tahun 2023, Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. berhasil mengantarkan Ditjen Badilag memperoleh prediket Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani dari Kemenpan RB. Kemudian Ditjen Badilag dua tahun berturut-turut memperoleh penghargaan Top Digital Awards dari majalah ItWorks serta beberapa kali memperoleh Piagam Penghargaan Rekor MURI. 

Disamping itu secara personal Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. juga dua tahun berturut-turut memperoleh penghargaan Top Leader On Digital Implementation dari Majalah ItWorks. Karena itu dalam kurun 4 tahun 9 bulan kepemimpinan Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. Ditjen Badilag telah melahirkan 26 inovasi dan aplikasi.

Pembinaan Ketua Mahkamah Agung pada Pembukaan Rakor dan Bimtek Ditjen Badilag

Pada pembukaan Rakor dan Bimtek Ditjen Badilag Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H. melakukan pembinaan kepada seluruh warga Peradilan Agama, baik  yang hadir di Ballroom Holiday Inn Kemayoran Jakarta maupun yang mengikuti secara virtual yang disiarkan langsung oleh Badilag TV dan Live Streaming.

Dalam pembinaannya, Ketua MA menegaskan bahwa dalam menjalankan tugas sehari-hari aparatur peradilan wajib membekali diri minimal dengan 2 kapasitas, yaitu kemampuan intelektual dan keteguhan integritas. Dua unsur ini harus bersenyawa dalam setiap diri insan peradilan mulai dari jajaran pimpinan, para hakim, hingga segenap personil kepaniteraan maupun kesekretariatan, karena kemampuan intelektual akan melahirkan aparatur yang kapabel dan professional sedangkan keteguhan integritas akan melahirkan insan peradilan yang jujur, amanah, bertanggung jawab, dan taat kepada kode etik dalam melaksanakan tugas. 

“inilah yang mejadi tolak ukur yang akan menjadi garansi bagi setiap kinerja dan produk pengadilan agar dapat benar-benar dierima oleh masyarakat,” tutur Ketua MA. “Terlebih lagi bagi seorang hakim harus memiliki pengetahuan dan integritas yang merupakan aspek fundamental sekaligus parameter dalam menentukan kredibiltas seorang hakim,” ujar Ketua MA.

C:\Users\BADILAG 411\Downloads\DSC05967.JPG

Lebih lanjut Ketua MA memberikan apresiasi kepada Ditjen Badilag yang telah menorehkan berbagai macam prestasi hingga berhasil mewujudkan peradilan dari sistem konvensional menjadi peradilan berbasis digital yang memanfaatkan perkembangan Teknologi Informasi. Ketua MA juga mengucapkan terima kasih kepada Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. yang telah memimpin Ditjen Badilag menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Selain itu Ketua MA mengucapkan selamat kepada seluruh pimpinan satuan kerja Pengadilan Agama yang berprestasi serta segenap aparaturnya yang terlibat aktif sehingga satker masing-masing bisa memperoleh prediket terbaik di tingkat nasional. “Jadikan kegiatan rapat kordinasi secara nasional ini sebagai momentum untuk meningkatkan kinerja satuan kerja agar semakin lebih baik lagi ke depannya,” pungkas Ketua MA menutup pembinaannya.  

C:\Users\BADILAG 411\Downloads\DSC06151.JPG

Pada Pembukaan Rakor dan Bimtek serta Pembinaan oleh Ketua MA, Ditjen Badilag mengumumkan dan menyerahkan penghargaan kepada seluruh satker yang berprestasi dari berbagai kategori. Ketua dan beberapa orang pejabat di lingkungan MA menyerahkan langsung piagam penghargaan kepada pimpinan Pengadilan Agama yang berprestasi yang turut hadir pada kesempatan tersebut. Termasuk juga pemberian penghargaan secara personal dari aparatur Peradilan Agama. (YN/KS)

Sumber : Badilag MA RI

March 10, 2023 Artikel ini telah dilihat : ‘0’ kali
Keluarga Besar Ibu-ibu Pengadilan Agama Kisaran Gelar Pertemuan Rutin dan Silaturahmi
Kisaran | https://www.pa-kisaran.go.id Keluarga Besar Ibu-ibu (KBI) Pengadilan Agama Kisaran ...
Pengadilan Agama Kisaran Sembelih Dua Ekor Sapi Kurban dan Bagikan Dagingnya kepada Masyarakat Sekitar
Kisaran | https://www.pa-kisaran.go.id Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha ...
Sidang Keliling Pengadilan Agama Kisaran Kembali Digelar di Batu Bara
Kisaran | https://www.pa-kisaran.go.id Pengadilan Agama Kisaran kembali menggelar sidang keliling ...
Pengadilan Agama Kisaran Ikuti Kegiatan Komsosmar Lanal Tanjung Balai Asahan
Kisaran | https://www.pa-kisaran.go.id Pengadilan Agama Kisaran turut berpartisipasi dalam kegiatan ...
PA Kisaran Ikuti Bimbingan Teknis Konvensi Hak Anak di Hotel Antariksa Kisaran
Kisaran | https://www.pa-kisaran.go.id Pengadilan Agama (PA) Kisaran mengikuti kegiatan Bimbingan ...