Ketua Pengadilan Agama Kisaran, Drs. H. Alimuddin, SH., MH beserta jajaran melaksanakan rapat sosialisasi hasil Inspeksi Mendadak (sidak). Rapat sosialisasi ini dilaksanakan di ruang sidang utama gedung kantor Pengadilan Agama Kisaran pada hari senin, 25 Februari 2019.

Dalam rapat tersebut, ketua Pengadilan Agama Kisaran menyampaikan hasil temuan dari Inspeksi Mendadak yang baru saja di laksanakan oleh Tim Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama ke salah satu Pengadilan Tinggi Agama dan beberapa Pengadilan Agama. Walaupun Pengadilan Agama bukan termasuk objek sidak, namun hasil sidak yang telah diekspos tersebut perlu ditindaklanjuti. “Hasil sidak yang akan disampaikan nanti perlu kita tindak lanjuti”, ujar beliau mengawali rapat.

Ketua menjelaskan bahwa tujuan sidak yang dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2019 tersebut adalah dalam rangka evaluasi pelaksanaan program Prioritas BADILAG. Kemudian, beliau memaparkan hasil sidak tersebut satu demi satu dan setiap poin langsung beliau rinci dan diskusikan lagi rencana tindak lanjutnya. Jumlah temuan Tim BADILAG yang beliau sampaikan adalah sebanyak 11 temuan, 5 diantaranya menyangkut profesionalitas kerja, dan 2 diantaranya menyangkut kepatuhan dalam penggunaan aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP).

Selain menyampaikan hasil temuan, ketua juga memaparkan 5 instruksi Dr. Drs. H. Aco Nur, SH., MH selaku Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama terkait 11 temuan tersebut. Salah satu instruksi tersebut adalah meminta agar 11 temuan tersebut menjadi salah satu unsur pembinaan dan pengawasan pengadilan tingkat banding terhadap pengadilan tingkat pertama di bawahnya.

Diakhir rapat, ketua berharap agar seluruh pegawai mulai dari pimpinan hingga honorer berkomitmen memperbaiki dan melaksanakan instruksi dari Dirjen Badilag, sehingga jika ada inspeksi mendadak ke Pengadilan Agama Kisaran, temuan-temuan tersebut bisa diminimalisir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *