Setelah melakukan pembinaan dan Pengawasan selama 3 (tiga) hari sejak senin sampai dengan Rabu (16-18 Juni 2014), Hakim Tinggi Pengawas Daerah Pengadilan Tinggi Agama Medan, wilayah II yang meliputi  Pengadilan Agama Tebing Tinggi, Pengadilan Agama Kisaran, Pengadilan Agama Tanjung Balai dan Pengadilan Rantau Prapat, pada hari Rabu 18 Juni 2014 melakukan ekspos hasil temuan di Aula Pengadilan Agama Kisaran.

Hadir dalam acara ekspos tersebut Ketua PA Tebing Tinggi (Drs. H. Bisman, SH), Ketua PA Kisaran (Drs. H. Munir, SH, MA), Ketua PA Tanjung Balai (Drs. Jakfar, SH, MH) dan Ketua PA Rantau Prapat (Drs. H. Januar). Di samping dihadiri oleh keempat ketua, juga dihadiri Panitera/Sekretaris. Wakil Sekretaris, Wakil Panitera dan Panmud dari ke empat PA  Tersebut.

Askor Wilayah II yang diketuai oleh Drs. H. Lumban Hutabarat, SH, MH, dengan anggotanya Drs. H. Armiya A. Jalil, SH, MH, Drs. H. Irsan Mukhtar Nasution, Drs. H. Idham Khalid, SH dan Saiful Alamsyah, S. Ag, SH, MH, MM selaku sekretaris merangkap anggota. Secara bergiliran diberi kesempatan sekitar 20 menit  untuk menyampaikan hasil pengawasan terhadap Pengadilan Agama yang dilakukan pengawasan dan pembinaan.

  • Drs. H. Idham Khalid, SH. Menyampaikan hasil Pembinaan dan Pengawasan pada PA Rantau Prapat.
  • Drs. H. Armiya A. Jalil, SH, MH. Menyampaikan  hasil pembinaan dan pengawasan PA Tebing Tinggi.
  • Drs. H. Irsan Mukhtar Nasution. Untuk PA Tanjung Balai.
  • Drs. H. Lumban Hutabarat, SH MH. Untuk PA Kisaran.

Sedangkan menyangkut dengan administrasi umum untuk ke empat PA Tersebut disampaikan oleh Saiful Alamsyah.

Drs. H. Lumban Hubarat selaku koordinator, menyampaikan dihadapan para pejabat keempat PA tersebut agar hasil pembinaan dan pengawasan ini mohon untuk ditindaklanjuti dengan baik. Karena pada hakikatnya pengawasan ini adalah bukan untuk mencari-cari kesalahan, tetapi lebih bersifat pembinaan, untuk itu mohon ditindaklanjuti. Pak Lumban juga berharap agar aparat Peradilan Agama semuanya baik itu pimpinan atau honorer sekalipun mohon selalu bekerja dengan baik dan benar, apalagi beliau bekerja di Pengadilan Agama bernilai jihad. “Tidak perlu takut dengan adanya pengaduan macam-macam, yang penting kita sudah berbuat dengan baik dan benar sesuai dengan aturan. Jaga disiplin, syukuri pendapatan yang saudara peroleh selama ini dan jangan sekali-kali berbuat dengan perbuatan-perbuatan yang tidak terpuji”, Ujar beliau saat penyampaian ekspose.

Drs. H. Munir, SH, MA Ketua PA Kisaran, mewakili ke empat PA Wilayah II, dalam sambutan akhirnya menyampaikan terimakasih banyak kepada Tim Hakim Tinggi Pengawas Daerah PTA Medan, yang telah melakukan pengawasan secara sangat serius dan objektif. Kami semua sepakat untuk menndaklanjuti terhadap hasil pengawasan dan pembinaan tersebut.

Foto Kegiatan (klik untuk detail)

[alpine-phototile-for-flickr src=”set” uid=”68216142@N07″ sid=”72157645251084131″ imgl=”fancybox”  style=”cascade” col=”3″ size=”240″ num=”6″ align=”left” max=”100″ nocredit=”1″]