Jum’at (1/11/13) Pengadilan Agama Kisaran menggelar rapat koordinasi dan sosialisasi hasil rapat evaluasi PTA Medan yang dilaksanakan di Hotel Inna Perapat pada tanggal 23 s/d 25 Oktober yang lalu. Rapat Evaluasi yang dilaksnakan oleh PTA Medan yang peserta rapatnya adalah para Tinggi, Panitera Pengganti PTA Medan, Ketua, Wakil Ketua dan Panitera/Sekretaris se-PTA Medan. Dalam rapat evaluasi tersebut ada beberapa hal yang disampaikan baik oleh Ketua, Waka PTA Medan dan beberapa nara sumber dari Hakim Tinggi PTA Medan.

Ada beberapa hal yang menjadi fokus evaluasi yang dilakukan, yaitu masalah peningkatan kinerja dan disiplin kerja, masalah serapan anggaran, temuan-temuan Hakim Tinggi Pengawas Bidang di PA-PA se PTA Sumatera Utara, masalah kualitas putusan dan diskusi tentang format dan materi putusan. Khusus masalah yang terakhir sudah dibentuk tim perumus untuk merumuskan bentuk dan materi putusan yang baik. Tim Perumus yang diketuai oleh Ketua PA Medan, dengan Anggota  Ketua PA Kisaran, Ketua PA Gunung Sitoli, Ketua PA Tebing Tinggi, Wakil Ketua PA Kabanjahe dan Pansek PA Lubuk Pakam. Tim perumus ini telah menyusun format dan materi putusan dan  juga telah dibacakan sebelum acara penutupan dan untuk publikasinya akan dimasukkan dalam website PTA Medan.

alt

Suasana Sosialisasi Hasil Rapat Evaluasi PTA Medan

Ketua, Wakil Ketua dan panitera/Sekretaris PA Kisaran secara bergantian mensosialisasikan kepada semua Hakim dan Pegawai PA Kisaran, agar permasalahan ini menjadi perhatian serius bagi semua pegawai PA Kisaran, misalnya masalah peningkatan kinerja, masalah disiplin, serapan anggaran, laporan perkara dan lainnya agar terus ditingkatkan. Jika ada temu-temuan baik oleh Hakim Pengawas bidang baik dari PA Kisaran dan hakim Tinggi Pengawas mohon untuk segera ditindaklanjuti, apalagi ini adalah mau akhir tahun pasti banyak kesibukan-kesibukan lain terutama dalam menyelesaikan perkara.

Ketua menyampaikan juga bahwa PA Kisaran pada akhir tahun ini masih ada dua agenda yang harus diselesaikan, pertama pelaksanaan Forum Group Diskusi empat PA yaitu, Kisaran, Tebing Tinggi, Tanjung Balai dan Rantau Perapat, tuan rumahnya adalah PA Kisaran dan ini sudah dijadwalkan oleh Ketua PTA Medan pada tanggal 19 November 2013 dengan melibatkan semua Hakim dan beberapa orang Panitera Pengganti dari keempat Pengadilan Agama tersebut. Kemudian satu program lagi yang sudah menjadi Program Nasianal yaitu pelaksanaan sidang keliling pelayanan satu atap yang melibatkan Pengadilan Agama, Kementerian Agama dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Untuk hal ini PA Kisaran telah melakukan persiapan seperti koordinasi dengan Kementerian Agama kabupaten Asahan dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab. Asahan dan kita targetkan Insya Allah program ini sudah kita laksanakan sebelum pertengahan Desember 2013 ini.