Kisaran, Rabu, 17 September 2013
Pada selasa pagi, Pengadilan Agama kisaran mengadakan diskusi hukum bertempat di ruangan Ketua Pengadilan Agama Kisaran dengan diikuti semua Hakim dan Panitera PA Kisaran.

Diskusi dimulai pada pukul 08.30 WIB, membahas tentang penyelesaian perkara yang habis biaya, Ketua PA Kisaran (Drs. H. Munir, SH., MH) menyampaikan ada dua bentuk dalam penyelesaiannya, yaitu ; (1) melalui Penetapan oleh Ketua Majelis, (2) melalui putusan gugur oleh Majelis Hakim. Ketua PA Kisaran menambahkan kedua bentuk tersebut dibenarkan karena sama-sama memiliki dasar, namun agar Hakim-Hakim PA Kisaran memiliki kesamaan persepsi, maka hal ini perlu didiskusikan dan juga untuk memudahkan bagi Panitera Pengganti dalam membuat Berita Acara Sidang.

Wakil Ketua PA Kisaran Drs. Abraruddin Anwar (mantan Hakim PA Pariaman) menambahkan bisa juga diselesaikan melalui penetapan Majelis Hakim dengan amar putusan membatalkan perkara tersebut dan memerintahkan Panitera untuk mencoret dari register perkara, hal ini berdasarkan hasil Rakernas tahun 2012 yang telah ditindaklanjuti oleh PTA Padang.

Diskusi berjalan lebih kurang 1 jam, peserta diskusi silih berganti menyampaikan argumentasinya masing-masing, dan terakhir disepakati penyelesaiannya dengan cara putusan gugur.

Pada malam harinya, diskusi dilanjutkan dengan pengajian kitab kuning yang dipandu oleh Drs. Jakfaroni. Pada kali ini yang mendapat giliran membaca Drs. H. Amar Syofyan, MH dan dilanjutkan oleh Drs. Ali Usman. Tepat pukul 22.00 WIB pengajian ditutup oleh Ketua PA Kisaran. (syf)

September 18, 2013 Artikel ini telah dilihat : ‘0’ kali
Pengadilan Agama Kisaran Salurkan Zakat Profesi Tahun 2024 M/1445 H
Kisaran | https://www.pa-kisaran.go.id Pada hari Rabu (27/3) bertepatan dengan 16 ...
Mediasi Berhasil Damaikan Pasangan Suami Istri di Pengadilan Agama Kisaran
Kisaran | https://www.pa-kisaran.go.id Kembali, Pengadilan Agama Kisaran berhasil mendamaikan pasangan ...
Mediasi Berhasil, Penggugat Cabut Gugatan Cerai di Pengadilan Agama Kisaran
Kisaran | https://www.pa-kisaran.go.id Sebuah kabar gembira datang dari Pengadilan Agama ...
Pimpinan PA Kisaran Ikuti Sosialisasi Administrasi Kepegawaian Oleh Dirjen Badilag MA RI
Kisaran | https://www.pa-kisaran.go.id Pada hari Senin (25/3), Pimpinan Pengadilan Agama ...
Kultum Ba’da Zuhur Mengingatkan Pentingnya Berbakti kepada Orang Tua
Kisaran | https://www.pa-kisaran.go.id Agenda Ramadhan hari Senin, 25 Maret 2024 ...