SEKRETARIS MA :

Jakarta – Humas : “Pelayanan Mahkamah Agung sudah luar biasa, banyak perubahan dan inovasi yang sudah dilakukan” Ujar Sekretaris MA RI, Prof. Dr. H. Hasbi Hasan S.H, M.H saat membuka secara resmi Rapat Koordinasi IT Pada Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan dibawahnya, pada Hari Senin , 27 Desember 2021 bertempat di Hotel Aryaduta Jakarta, turut hadir dalam Acara tersebut, Kepala Biro Perlengkapan Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung RI, Rosfiana, S,H.,M.H , Kepala Biro Keuangan Badan Urusan Administrasi Agung RI H.Sahwan, S.H.,M.H, dan Kepala Biro Hukum dan Humas Badan Urusan Administrasi  Mahkamah Agung RI Dr.H.Sobandi,S.H.,M.H.

Dalam sambutannya, Sekretaris Mahkamah Agung RI menyampaikan bahwa Mahkamah Agung sudah melakukan Reformasi besar-besaran pada Sistem Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah dengan memanfaatkan teknologi Informasi yang membawa dampak positif bagi penyerapan dan realisasi anggaran  Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada di bawahnya, data-data Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah yang dihasilkan dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik digunakan juga pada Aplikasi e-BIMA dan Aplikasi e-SADEWA yang baru saja dilounching oleh YM Ketua Mahkamah Agung nantinya akan menghasilkan sebuah Big Data Barang / Jasa Pemerintah pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada di bawahnya.

Dengan E – BIMA kita bisa melihat dan memantau Pagu Anggaran, Belanja Pegawai, Belanja Modal, Belanja Barang secara real time dan Hari ini serapan Anggaran Mahkamah Agung data dilihat bersama sudah ada di poses 96%, kemudian, Mahkamah Agung juga baru saja melaunching Aplikasi SADEWA yang berfungsi untuk melihat dan memonitor Aset Negara secara Real Time, Selain itu ada juga Aplikasi E – Court , yaitu sistem perkara secara Online Mulai dari E – filling (Pendaftaran), E – Payment ( Pembayaran) dan E – Summons ( Pemanggilan Pihak ) secara Online, bahkan sekarang kita sudah masuk ke E – litigasi (Persidangan secara online).

Lebih lanjut,Prof. Dr. H. Hasbi Hasan S.H, M.H berharap Mahkamah Agung semakin adaptif , semakin canggih, dan semakin baik pelayanannya kepada masyarakat umumnya dan para Pencari keadilan pada khususnya.

Kepala Biro Hukum dan Humas, Dr. H Sobandi, S.H.,M.H selaku Ketua Kegiatan Rapat Koordinasi IT pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya menyampaikan dalam laporannya bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk menjalin koordinasi yang baik dengan para personil IT yang berada pada Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan di bawahnya, selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk selalu menjaga kualitas dan meningkatkan kapasitas para personil IT , guna mewujudkan peradilan modern sebagaimana tema yang diusung pada kegiatan hari ini yaitu “Memantapkan Kemandirian Badan Peradilan Melalui Pelayanan Hukum Berbasis Teknologi Informasi Pada Masa Pandemi”. 


Lebih lanjut, Dr. H Sobandi, S.H.,M.H berharap kepada para peserta yang hadir dalam kegiatan Rakor IT menambah wawasan , pemahaman dan dapat meningkatkan kapasitas para personil IT dari materi dan diskusi yang dilakukan dengan para narasumber professional dibidangnya. Semoga kedepannya seluruh unsur Pimpinan dan Pegawai pada Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan di bawahnya dapat memfokuskan perhatiannya pada  permasalahan dan ancaman-ancaman yang mungkin terjadi, dan kita semua juga haras menyadari bahwa dalam era digital seperti sekarang ini, Teknologi Informasi ini mempunyai peranan yang sangat penting dan menjadi panglima untuk membangun citra dan wibawa suatu Lembaga.


Kegiatan Rapat Koordinasi IT pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya  diikuti oleh 195 (Seratus Sembilan Puluh Lima) orang Peserta dari Pengadilan Tingkat Banding dan Pengadilan Tingkat Pertama dan mengundang para Narasumber profesional yang menyampaikan materi terkait Digital Forensik oleh Teguh Arifiyadi, S.H., M.H (Ketua Umum Indonesia Cyber Law Community /ICLC) , Layanan Infrastruktur di Era Pandemi serta Security Awareness oleh Teguh Purnomo,S.Kom (Education Manager at Sciencom Training Center) dan Diseminasi Informasi Web Defacement  di Lingkungan Mahkamah Agung RI oleh Yoyok Darmanto, S.ST.TP (Sandiman Muda /Senior Cyber Security Analyst pada Badan Siber dan Sandi Negara / BSSN) dengan di dampingi oleh moderator Rizkiansyah, S.H., LL.M yang saat ini juga bertugas sebagai hakim di Pengadilan Negeri Sekayu, Sumatera Selatan.

Salah satu Narasumber, Teguh Arifiyadi juga menyampaikan harapannya untuk IT Mahkamah Agung RI kedepannya bukan lagi sebagai “Supporting Unit” Akan tetapi bisa menjadi “Backbone” untuk Lembaga. ( Ipr / Rs/ Humas)

Sumber: Mahkamah Agung RI