Kisaran | pa-kisaran.go.id (18/3)

Kamis, 18 Maret 2021 dilaksanakan Rapat Koordinasi di ruang Media Center lantai 2 kantor Pengadilan Agama Kisaran tepat pada pukul 9 pagi. Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Kisaran Drs. H. Zulkarnain Lubis, M.H. dan diikuti oleh seluruh Hakim, Pegawai dan PPNPN.

Rapat kali ini membahas tindak lanjut dari hasil rapat sebelumnya, yakni berbagai kendala yang dihadapi baik dari sisi kepaniteraan maupun kesekretariatan. Dimulai dari kesekretariatan yang dipimpin oleh Mukhlis Pulungan, S.Ag., M.H. selaku Sekretaris pada Pengadilan Agama Kisaran mempersilahkan Kasubbag Umum dan Keuangan Fakhrur Razi, S.H. untuk menyampaikan laporannya. Pada rapat sebelumnya ketua PA Kisaran menyoroti masalah kebersihan dan kerapihan di lingkungan kantor yang dirasa sangat perlu untuk ditingkatkan. Mengatasi hal ini, telah dilakukan gotong royong membersihkan area halaman belakang kantor dan ruang kerja masing-masing sehingga lebih bersih dan rapi dari sebelumnya. Terdapat pula beberapa masukan untuk menyediakan smooking area, ruang tunggu khusus untuk Pengacara serta perluasan ruang kerja kesekretariatan.

Setelahnya, dilanjutkan dengan laporan dari Kasubbag Kepegawaian Syawaluddin Nasution, S.H.I. untuk melapor. Sebelumnya terdapat kendala pada sistem absensi online dan manual bagi Pegawai maupun Hakim. Seringkali urutan pada absen manual tidak sesuai urutan pada absen manual. Namun, permasalahan tersebut saat ini sudah terselesaikan. Ketua PA Kisaran juga menambahkan catatan untuk membuatkan jadwal khusus terkait seragam kerja pegawai setiap pekan agar seluruhnya menggunakan pakaian yang selaras.

Laporan terakhir dari kesekretariatan disampaikan oleh Khairu Zikri, S.H.I selaku Kasubbag Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan. Sebelumnya Ketua PA Kisaran meminta untuk memperdengarkan doa, dzikir dan lantunan ayat suci di dalam kantor pada waktu-waktu tertentu dan saat ini sudah dilaksanakan sebagaimana yang diinstruksikan.

Kemudian rapat dilanjutkan pada  bagian kepaniteraan yang dipimpin oleh Panitera Pengadilan Agama Kisaran Herman, S.H. Beliau mempersilahkan satu persatu pegawai kepaniteraan yaitu Khoirul Bahri, S.Ag. (Panitera Muda Hukum), Rosmintaito, S.H. (Panitera Muda Permohonan) dan Erni Pratiwi, S.H.I. (Panitera Muda Gugatan) untuk menyampaikan laporannya.

Selesai dilaksanakan rapat koordinasi, dilanjutkan dengan agenda yang kedua yaitu rapat Tinjauan Manajemen Zona Integritas yang dipimpin oleh Ketua ZI Baginda, S.Ag, M.H. yang juga Wakil Ketua Pengadilan Agama Kisaran. Tak lupa sebelum memulai rapat seluruh peserta rapat dalam posisi berdiri melakukan yel-yel ZI secara bersama-sama untuk semakin meningkatkan semangat setiap orang yang hadir.

Dalam rapat kali ini, Bapak Baginda mengingatkan bahwa ZI adalah tanggung jawab bersama seluruh warga Pengadilan Agama Kisaran. Setiap koordinator area harus memahami betul tugas dan tanggung jawabnya masing-masing dan bekerja sama dengan anggotanya sehingga semakin besar kesempatan Pengadilan Agama Kisaran mewujudkan Zona Integritas.(FN)