Hakim dan Pegawai Pengadian Agama Kisaran, senin 13/07/2015 (26 Ramadhan 1436H) menyalurkan zakat profesi yang sudah terkumpul selama satu tahun kepada Fakir miskin yang berada dalam Kelurahan sekitar Kantor PA Kisaran. Acara pembagian zakat kepada fakir miskin dipusatkan di Mushalla “Al ‘adilin” pada pukul 12.30 wib atau setelah pelaksanaan shalat zuhur berjama’ah dengan imam sekaligus penyampaian tausiyah kultum oleh Bapak Drs. Said Safnizar, MH, Wakil Ketua PA Kisaran.

CIMG1290

Ketua Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Pengadilan Agama Kisaran (Dra. Hj. Nikmah) menyampaikan bahwa zakat dan infaq yang dipotong tiap bulan dari 12 orang Hakim dan 12 orang pegawai Pengadilan Agama Kisaran, dengan mengacu kepada pelaksanaan pembagian tahun lalu, dari zakat yang terkumpul selama setahun tersebut 80 % dikembalikan kepada muzakki untuk diteruskan kepada yang berhak di sekeliling tempat ia tinggal, 10 % diserahkan kepada fakir miskin yang berada disekitar Kantor PA Kisaran dan 10 % diserahkan kepada Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Asahan, yang tanggal penyerahannya sudah ditentukan oleh Bupati Asahan yaitu pada hari rabu tanggal 14 Juli 2015.

Khusus kepada fakir miskin di sekitar Kantor menurut Ketua dan Bendahara UPZ PA Kisaran, tahun ini telah didata bersama Lurah setempat dan diundang sebanyak 20 fakir miskin untuk menerima zakat tersebut dengan jumlah nominal masing-masing Rp. 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Bagi Zakat

Ketua PA Kisaran Bapak Drs. H. Munir SH, M.Ag dalam arahan dan sambutan pada acara penyaluran zakat tersebut, menyampaikan bahwa apa yang dilakukan pada saat ini. Di satu sisi ini adalah kewajiban agama bagi kami untuk mengeluarkan zakat dari pendapatan yang kami peroleh setiap bulan, di sisi lain zakat yang kami keluarkan ini juga berfungsi sosial, artinya zakat ini bisa terwujud rasa kebersamaan dan kepedulian antara muzakki dan mustahik. Karenanya Ketua berharap terutama kepada muzakki agar tertanam rasa bahagia dan ikhlas serta tidak ria ketika sudah menunaikan zakat, zakat akan membersihkan harta kita, zakat memberi keberkahan dan berkembang.

Kepada mustahik kiranya walaupun mungkin nilai yang diberikan pada hari ini sedikit semoga dapat bermanfaat, ini yang dapat kami berikan sebagai salah satu wujud kepedulian kami kepada tetangga, kepada adik adik yang sedang menuntut ilmu, do’akan kami dan Pengadilan Agama Kisaran selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin.Said/TimPa-kisaran.net