Pembinaan Tenaga Teknis Kepaniteraan

Pengadilan Agama Se-Sumatera Utara (1)

 

a

Gbr.1. Laporan Kegiatan dari Ketua Panitia Penyelenggara

pta-medan.go.id (30/05/2011)

Senin 30 Mei 2011, pukul 16.15 WIB bertempat di Federal Room Hotel Royal Perintis Medan berlangsung pembukaan Kegiatan Pembinaan Tenaga Teknis Kepaniteraan Pengadilan Agama Se-Sumatera Utara. Pembukaan kegiatan ini diikuti oleh Ketua, Wakil Ketua, Panitera/Sekretaris, dan beberapa Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Medan serta dihadiri beberapa Ketua Pengadilan Agama yaitu Ketua PA Stabat, Ketua PA Binjai dan Ketua PA Lubuk Pakam. Kegiatan Bintek ini akan dilaksanakan selama 3 hari yaitu sampai tanggal 1 Juni 2011.

Wakil Panitera Pengadilan Tinggi Agama Medan selaku Ketua Panitia Kegiatan memberikan laporan : “Bahwa kegiatan Pembinaan Tenaga Teknis Kepaniteraan difokuskan kepada sosialisasi SIADPA WEB dan Aplikasi Laporan Perkara Online, dan kegiatan ini dalam DIPA adalah untuk 20 peserta namun karena dianggap kegiatan ini sangat penting maka dengan cara yang sangat halus di jadikan dua kegiatan dengan jumlah peserta 40 orang yang terdiri dari 2 orang dari setiap Pengadilan Agama.” Beliau juga menyatakan : ” Saya sangat berharap dan menginginkan supaya semua peserta sungguh-sungguh dan serius mengikuti kegiatan ini, sebab hal ini adalah salah satu upaya kita mengejar ketertinggalan kita dibidang IT.”

a

Gbr.2. Para Peserta Bintek Kepaniteraan sedang serius mendengar pengarahan Bapak KPTA Medan

Dilanjutkan pengarahan dari Ketua PTA Medan yang sangat mendukung kegiatan ini dan berharap agar ke depannya administrasi kepaniteraan dapat berbasis teknologi sehingga dapat diakses dimanapun. Beliau menambahkan SIADPA Web dapat terlaksana di seluruh Pengadilan Agama Se-Sumut dalam 6 bulan ke depan. Demi terwujudnya Administrasi Kepaniteraan Berbasis Teknologi, PTA siap memfasilitasi.

a

Gbr.3. Pengenalan Aplikasi Laporan Perkara Online oleh narasumber

Pada malam harinya sekitar pukul 20.00 WIB, pengenalan serta praktek langsung Aplikasi Laporan Perkara Online dimulai di Royal Hall Hotel Royal Perintis. Sebagai nara sumber adalah Hutrianto, S. Kom, sebagai perancang program tersebut. Pelatihan ini sempat terhambat karena jaringan internet yang terputus-putus namun segera diatasi sementara dengan cara membagi dengan beberapa tahap. Kegiatan ini berlangsung hingga pukul 23.10 WIB(sy)

a

Gbr.4. Ekspresi berbagai peserta ketika dikenalkan dengan Aplikasi Laporan Perkara Online