Sebanyak 120 orang mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Asahan (UNA) kembali melakukan klinis dan Praktek Peradilan Semu di Pengadilan Agama Kisaran. Penyerahan mahasisa semester VIII yang akan melakukan klinis selama 1 ( satu) bulan sejak 15 April 2014 sampai dengan 14 Mai 20014 dilakukan oleh Dekan Fakultas Hukum yang diwakili oleh Pembantu Dekan II dan III, pada hari Selasa tanggal 15 April 2014 tempat di ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Kisaran dan disambut langsung oleh Ketua Pengadilan Agama kisaran.

Mewakili Dekan Fakultas Hukum UNA Bustami Panjaitan, SH, MH (Pembantu Dekan III) menyampaikan bahwa mahasiswa yang melakukan klinis dan praktek Peradilan Semu di Pengadilan Agama Kisaran dan di Pengadilan Negeri Kisaran berjumlah 120 orang. Diharapkan dari kegiatan ini para mahasiswa dapat mengetahui sistim bercara di Pengadilan dan juga merupakan penjabaran dari pengetahuan hukum acara yang diperoleh di bangku kuliah. Karenanya dia berharap agar para mahasiswa dapat mengikutinya dengan serius.

Ketua Pengadilan Agama Kisaran (Drs. H Munir, SH., M.Ag) pada acara pembukaan yang dilaksanakan di ruang sidang utama Pengadilan Agama Kisaran menyampaikan materi mengenai kewenangan, prosedur beracara, dan hal lain yang berkaitan dengan pelaksanaan pelayanan kepada para pencari keadilan.

Ketua juga berharap agar kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan sebagai wahana penggalian pengetahuan hukum secara praktis sebagai bekal kepada mahasiswa dlm membuat tugas akhir pekuliahan sbg syarat untuk mendapatkan gelar sarjana hukum.

 

Selain itu, belian juga menyampaikan bahwa pihak Pengadilan Agama Kisaran menerima dengan senang hati kehadiran para mahasiswa yang akan melakukan klinis di sini, namun mengingat jumlah mahasiswa yang akan melakukan klinis banyak, sementara kapasitas ruang-ruang sidang di PA Kisaran tidak memungkinkan untuk sejumlah itu, maka kepada pihak mahasiswa meminta untuk dapat diatur dan dibagi kelompok sehingga semuanya dapat mengikutinya. (har)