Sebanyak 120 mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Asahan yang selama satu bulan dari pertengahan April sampai pertengahan Mai 2014 telah   melakukan klinis, observasi dan praktek peradilan di Pengadilan Agama Kisaran, pada hari kamis tanggal 3 Juli 2014 mengadakan acara perpisahan dengan Keluarga Besar Pengadilan Agama Kisaran. Kegiatan yang berlangsung sekitar 1 jam di ruang sidang utama PA Kisaran dihadiri oleh Dekan beserta Pembantu Dekan, Kepala Laboratarium Klinis dan seluruh Mahasiswa klinis dari Fakultas Hukum tersebut.

 Salah seorang mahasiswi mewakili rekan-rekan yang melakukan klinis di PA Kisaran dalam penyampaian kesan dan pesan, menyampaikan bahwa selama melakukan klinis di PA Kisaran, kami mendapat pelayanan yang sangat baik dari Bapak dan Ibu hakim serta pegawai di Pengadilan Agama Kisaran, kami di samping dibenarkan untuk mengukiti jalannya persidangan meskipun, kemudian setelah persidangan mendapat penjelasan sekitar hukum acara dan proses beracara di Pengadilan.

 

hkm_una

Pemberian Kenang-kenangan Dari Mahasiswa UNA Berupa Sajadah Untuk Musholah Pengadilan Agama Kisaran

 

Abdul Rahman, SH, MH Dekan Fakultas Hukum UNA dalam sambutannya menyampaikan terimaksih banyak kepada Pimpinan PA Kisaran beserta seluruh jajarannya yang telah menerima dan memberi kesempatan kepada Mahasiswa kami untuk melakukan klinis di sini. Dan ia juga berharap kiranya kegiatan semacam ini dapat berlanjut terus dan mohon Ketua PA Kisaran untuk dapat menerimanya. Kami juga berharap agar para mahasiswa nantinya setelah selesai kuliah dapat diterima di PA Kisaran baik dalam kapasitas pegawai atau penasehat hukum.

Ketua Pengadilan Agama Kisaran (Drs. H. Munir, SH, MA) dalam sambutannya juga menyampaikan terimakasih banyak kepada Pimpinan Fakultas Hukum UNA yang telah menempatkan para Mahasiswa untuk melakukan klinis di sini. Pada prinsipnya kami selaku pimpinan tidak keberatan untuk menerima para mahasiswa untuk melakukan observasi dan klinis di sini, dan ini juga merupakan sebagai wujud kerjasama antara FH UNA dengan PA Kisaran yang telah ditandatangani beberapa saat yang lalu, sejauh tidak mengganggu aktivitas kantor dan proses jalannya persidangan serta tidak ada aturan yang dilanggar, maka kami selalu siap untuk melayaninya, tidak hanya kepada mahasiswa, masyarakat yang berkepentingan tetap kami layani dengan baik, kami punya motto “ Bekerja adalah Ibadah, memberikan pelayanan terbaik adalah dambaan kami”.

Berkaitan dengan permintaan Dekan FH UNA agar para Mahasiswa nantinya dapat diterima di sini baik dalam kapasitas pegawai maupun Penasehat Hukum. Ketua menyampaikan, itu mungkin saja terjadi dengan catatan lewat prosedur seleksi yang resmi dan kami juga berharap agar jika nantinya ada kesempatan untuk seleksi PNS di lingkungan MA-RI agar mahasiswa FH UNA dapat ambil bagian, dan jika lulus mudah-mudahan di tempatkan di PA Kisaran, begitu juga jika ingin bercara di PA Kisaran dalam kapasitas sebagai Pengacara silakan saja, asal memenuhi persyarata sebagai seorang pengacara dan kami tidak berharap para mahasiswa yang hadir pada hari ini satu saat menjadi Tergugat atau penggugat di tempat ini.