MA: AS NILAI 70% RAKYAT INDONESIA PUAS DENGAN LAYANAN PENGADILAN

 

(www.detiknews.com)
Jakarta – Pernah berurusan dengan pengadilan? Mungkin ada baiknya simpan dalam-dalam uneg-uneg Anda untuk sementara waktu. Sebab pemerintah Amerika Serikat (AS) menilai 70% rakyat Indonesia puas dengan layanan pengadilan. Benarkah?

“Mereka melakukan penelitian terhadap orang- orang yang pernah berhubungan dengan pengadilan. 70% diantara mereka menyatakan puas dengan pelayanan Pengadilan Negeri dan Pengadian Agama,” kata Ketua MA Harifin Tumpa di MA, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Jumat, (20/5/2011).

Hasil riset tersebut disampaikan Pemerintah AS saat Harifin Tumpa berkunjung ke Supreme of Court (MA-nya AS) awal pekan ini. Dalam kesempatan itu Tumpa juga bertemu dengan Ketua Supreme of Court John Roberts.

“Dari 70% itu, apabila mereka mempunyai persoalan, mereka kembali lagi ke pengadilan. Ini hasil penelitian mereka tahun lalu (2010),” terang Tumpa.

Atas hasil riset ini, Ketua MA mengaku senang. Tak henti- hentinya dia menebarkan senyum saat mengumumkan hasil riset tersebut. Ibarat mendapat “senjata pamungkas” diapun langsung menggunakan hasil riset ini untuk menyindir riset orang Indonesia.

“Kalau penelitian kita, yang salah ya hakim semua. Apalagi dengan ICW, tidak ada yang benar bagi pengadilan,” sindir Tumpa menyudahi pembicaraan.

(asp/ndr)
(www.detiknews.com)