Sejak hari pertama sampai ke penghujung Ramadhan 1434 H, Pengurus Mushalla Al Adilin PA Kisaran telah membentuk dan menunjuk petugas-petugas untuk mengisi kegiatan ramadhan, salah satunya adalah mengadakan kuliah lima belas menit (Kulibas) setelah shalat dhuhur. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap hari dibulan ramadhan kecuali hari jum’at dan hari-hari libur (sabtu-minggu).

Sdr. Mukhlis Pulungan, S.Ag, MH sebagai wakil sekretaris menyampaikan bahwa telah disusun jadwal kegiatan kulibas  setiap hari terdiri dari  empat orang petugas, yaitu : Imam, muazzin, penceramah dan protokol.

Sebagai mana terlampir pada jadwal yang telah disusun, Adzanpun dikumandangkan oleh muazzin Paisal Riza Rawi,ST sholat dhuhur berjamaah di-imami langsung oleh Bpk. Drs. H. Amar Sofyan, MH. Setelah sholat dhuhur berjamaah dilanjutkan dengan kulibas yang dibuka oleh Herman, SH sebagai protokol untuk mendengarkan ceramah. Kali ini yang bertindak sebagai penceramah pada hari ketujuh Ramadhan  adalah Dra. Hj. Nikmah salah seorang Hakim Pengadilan Agama Kisaran.


Ibu Dra. Hj. Nikmah sedang memberikan ceramah

Pada kesempatannya beliau menyampaikan dalam taushiyahnnya, bahwa diantara banyak kelebihan bulan ramadhan ini  salah satunya bulan ramadhan adalah bulan kasih sayang. Mengapa tidak, dimana pada bulan yang penuh keberkahan ini kita dianjurkan untuk saling memberi, saling membantu, memahami kondisi orang lain sehingga kita tidak sombong, puasa saja kita sama melakukannya, kita menahan diri disiang hari dari segala hal yang membatalkan puasa, kaya miskin semua sama berpuasa, disini juga lahir rasa kebersamaan, bagi yang kaya dengan puasa ini juga biasa memahami bagaimana lapar yang tentunya sudah biasa dirasakan oleh orang miskin.


Bulan kasih sayang jangan diterjemahkan dalam kononotasi negative atau orang juga sering menyebut dengan malam “valentine day”, tepai kasih sayang yang dimaksudkan adalah kasih sayang sesuai dengan tuntunan agama kita (Islam). Beliau mengutip sebuah firman Alah yang terdapat pada surat Ali Imran ayat 159, yang intinya adalah : hanya karena ramat Allah kita saling berkasihsayang kepada mereka, namun jika kamu bersikap keras, maka mereka akan menghindar dari kamu, saling member maaf, memohon ampun dan bermusyawarah dalam setiap urusan. Diakhir ceramah Ustadhah mengajak seluruh jamaah untuk terus meningkatkan amal ibadah kita apalagi pada bulan ini adalah bulan mulia, perbanyaklah shadakah dan infak kita untuk jalan Allah termasuk untuk menyiapkan mushalla yang sedang kita pakai pada saat ini.