Kamis 13 Juni 2013, Drs.H. Wahyu Widiana, MA dan Cate Summer Consultan Australia-Indonesia Partnership For Justice (AIPJ)  berkunjung ke Pengadilan Agama Kisaran. Kedatangan Rombongan AIPJ yang turut didampingi oleh dua orang Hakim Tinggi dari PTA Medan (Dra. Hj. Rosmawardhani, SH, dan Dra. Hj. Hafidhah Ibrahim) dalam rangka melakukan survey dan mendapatkan informasi mengenai pelaksanaan sidang Itsbat Nikah yang telah dilaksanakan beberapa bulan yang lalu.

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya bahwa Pengadilan Agama Kisaran telah melakukan sidang Itsbat Nikah di Kabupaten Batubara sebanyak 605 perkara pada 2012 dan 203 perkara pada awal tahun 2013. Setelah melakukan pertemuan beberapa saat di PA Kisaran rombongan ini langsung menuju ke Desa Bagan Asahan, Kecamatan Tanjung Balai, Kabupaten Asahan.

Ketua PA. Kisaran sedang menjelaskan berbagai hal kepada Advisor AIPJ


Kedatangan rombongan ke Bagan Asahan disambut oleh Persatuan Ibu-Ibu sebagai Kepala Keluarga (PEKKA) Asahan-Tanjung Balai. Sebelum melakukan pertemuan dengan Ibu-Ibu dari PEKKA rombongan ini terlebih dahulu mengunjungi Puskesmas Bagan Asahan dan melakukan pertemuan dengan pejabat/pegawai-pegawai di Puskesmas tersebut.

Setelah shalat dhuhur rombongan ini melakukan pertemuan dengan Ibu-ibu dari PEKKA selama lebih kurang 3 jam, pertemuan ini juga dimaksudkan dalam rangka mendapatkan Informasi tentang perjuangan PEKKA dalam rangka mendapatkan hak-hak yang berkaitan dengan Akta Kelahiran, Akta Nikah dan Akta Cerai bagi yang melakukan perceraian.

Pada hari jumat 14/6/13, rombongan ini juga mengadakan pertemuan dengan Pejabat-Pejabat Pengadilan Agama Tanjung Balai dan Kisaran yang bertempat di Aula Pengadilan Agama Tanjung Balai, pertemuan ini juga dimaksudkan dalam rangka menyamakan persepsi terutama berkaitan dengan penyelesaian perkara sidang keliling Itsbat Nikah yang sedang digagas oleh Lembaga PEKKA Asahan-Tanjung Balai.


Pertemuan dengan Dinas Kependudukan dan Catatan sipil Asahan

Setelah shalat jumat rombongan juga melakukan pertemuan dengan pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Asahan, yang diterima oleh Sekretaris Dinas Disdukpil setempat beerkaitan dengan masalah Akta Kelahiran. (mnr)