Kisaran|pa-kisaran.go.id (26/11/2021)

Di pagi hari Jumat yang berbahagia, PA Kisaran kedatangan tamu istimewa yakni Ketua PTA Medan, H. Abd. Hamid Pulungan. Kedatangannya tersebut dalam rangka meresmikan PTSP PA Kisaran yang baru, sarana dan prasarana difabel, serta launching aplikasi Starbak (Sistem Tata Arsip Bagian Keuangan) buah karya CPNS PA Kisaran, Latif Usman, A.Md. dalam Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS gelombang yang kedua.

Acara dimulai pukul 08.30 WIB dipandu oleh Erni Pratiwi, S.H.I. Diawali dengan prosesi pengguntingan pita, penandatanganan piagam peresmian PTSP dan sarana prasarana disabilitas PA Kisaran dan pemotongan tumpeng oleh Ketua PTA Medan. Dilanjutkan dengan doa bersama dipimpin oleh Drs. H. Ahmad Rasidi, S.H., M.H. dan sambutan dari Ketua PA Kisaran.

Dalam sambutannya, Ketua PA Kisaran, Buniyamin Hasibuan, S.Ag. menyampaikan rasa syukurnya atas prestasi yang diraih PA Kisaran dalam rapor kinerja penanganan perkara SIPP yang memperoleh ranking 1 kategori II. “Kita juga hari ini merasa bersyukur karena pada tanggal 19 November yang lalu PA Kisaran mendapat nilai SIPP ranking pertama kategori II yang berjumlah perkara 2.501 sampai 5.000 perkara”, ujarnya.

Dirinya menambahkan, “Dan alhamdulillah juga beberapa hari yang lalu kami mendapat informasi bahwa PA kisaran tiga bulan terakhir ini menduduki posisi 1 sampai 10 besar sehingga oleh Badilag diberikan piagam penghargaan nomor 3 nasional. Semoga prestasi ini bisa terus kita pertahankan di masa yang akan datang”.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua PTA Medan yang sudah menyempatkan untuk hadir. “Atas nama pimpinan kami mengucapkan terima kasih banyak atas kesempatan Bapak hadir di PA Kisaran ini, kami tahu betul kesibukan di PTA itu luar biasa. Ini merupakan kado yang istimewa bagi kami”.

Acara dilanjutkan dengan launching aplikasi Starbak oleh Ketua PTA Medan. Aplikasi ini merupakan aplikasi inovasi penyimpanan arsip elektronik sekaligus peminjaman dan pengendalian arsip secara digital khususnya pada bagian umum dan keuangan PA Kisaran. Aplikasi Starbak mendukung fungsi dan tugas melalui penciptaan arsip yang andal serta dapat digunakan untuk berkontribusi terhadap efisiensi dan efektifitas yang dapat diakses di berbagai perangkat.

Usai launching, giliran H. Abd. Hamid Pulungan memberikan bimbingan dan arahan. Beliau sangat mengapresiasi PA Kisaran. “Ada 3 yang kita resmikan hari ini, luar biasa. Saya antar dalam arahan saya dengan jujur mewujudkan pengadilan agama yang modern dan berprestasi. Modern itu antara lain dengan banyaknya inovasi-inovasi baik bentuk aplikasi maupun non aplikasi. Dan alhamdulillah di PA Kisaran ini ada inovasi baru yaitu Starbak. Kemudian adanya prestasi memperoleh peringkat 1 SIPP. Saya berikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada PA Kisaran. Saya titip pesan kepada Bapak/Ibu supaya peringkat 1 ini dapat dipertahankan”, ujarnya.

“Saya yakin dengan melihat kemampuan, dedikasi serta kemauan Bapak Ibu ini bisa dipertahankan.  Sebab kalau pengadilan agama maju, seperti PA Kisaran ini, nama PTA juga ikut harum”, lanjutnya.

Di akhir bimbingannya, H. Abd. Hamid Pulungan menyampaikan, “Saya memohon dukungan dari Bapak Ibu kepada pimpinan disini supaya mereka bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Sekali lagi selamat dan sukses kepada Pengadilan Agama Kisaran yang hari ini telah membuktikan dirinya yang terbaik. Oleh sebab itu saya bangga”.

Kemudian ditutup dengan pantun, “Di Irian banyak burung cendrawasih, cukup sekian dan terima kasih”.(FN)