Kisaran|pa-kisaran.go.id (23/12/2021)

Memenuhi panggilan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama, Ketua PA Kisaran menghadiri bimtek kompetensi tenaga teknis peradilan agama dengan tema “Bedah Berkas Putusan Ekonomi Syariah” dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas hakim serta aparat peradilan agama dalam permasalahan teknis yustisial. Bimtek yang dilangsungkan secara virtual melalui Zoom Meeting tersebut diikuti Beliau dari Ruang Media Center sejak pukul 08.00 WIB hingga sebelum memasuki waktu sholat Dzuhur.

Bimtek resmi dibuka oleh Dirjen Badilag Dr. H. Aco Nur, M.H. kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari 4 orang narasumber di antaranya Hakim Agung Kamar Agama Mahkamah Agung RI YM. Dr. Edi Riadi, S.H., M.H., Guru Besar Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Prof. Dr. H. Jaih Mubarok, S.E., M.H., M.Hum., Purnabhakti Hakim Agung YM. Dr. Drs. H. A. Mukti Arto, S.H., M.Hum., serta Advokat dan Praktisi Hukum Moh. Akhbar Dewani,S.H.,M.H.

Menutup pelaksanaan bimtek, Dr. H. Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag. selaku Direktur Pembinaan Tenga Teknis Peradilan Agama menyebutkan poin penting yang diperoleh dari bimtek tersebut. Dirinya mengutip pemaparan Dr. Edi Riadi, M.H. yang mengatakan terdapat peningkatan kualitas Hakim di Peradilan Agama dalam mengadili perkara ekonomi syariah. Semoga dapat terus ditingkatkan sehingga kepercayaan publik terhadap Peradilan Agama dalam mengadili perkara ekonomi syariah semakin meningkat pula. Apalagi saat ini penyusunan rancangan Undang-Undang Ekonomi Syariah sedang berlangsung, dan diharapkan kepercayaan masyarakat tidak berubah karena kualitas yang diberikan Peradilan Agama juga meningkat dalam menangani perkara ekonomi syariah. (FN)