Kisaran|pa-kisaran.go.id (9/7)

Memenuhi surat Pengadilan Agama Kisaran Nomor W2-A16/1123/HM.01/VII/2019 tanggal 2 Juli 2019 perihal Permohonan Pelaksanaan Simulasi Tanggap Darurat dan Kebakaran, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Asahan yang menaungi Pemadam Kebakaran (Damkar) di Kabupaten Asahan, mengadakan simulasi pemadaman kebakaran di halaman Kantor Pengadilan Agama Kisaran, Selasa, 9 Juli 2019.

Dalam sambutannya sebelum menuju halaman kantor PA Kisaran untuk mengadakan simulasi, Ketua PA Kisaran, Drs. H. Alimuddin, SH, MH menyampaikan ucapan selamat datang kepada para Petugas Damkar Kabupaten Asahan yang telah bersedia memenuhi undangan dari PA Kisaran untuk memberikan sosialisasi dan simulasi penanggulangan bencana kebakaran di PA Kisaran. Ketua PA Kisaran berharap, sosialisasi dan simulasi ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat diikuti oleh seluruh aparatur PA Kisaran dengan sebaik-baiknya.

Irwan, salah seorang petugas Damkar Asahan memberikan penjelasan tentang kebakaran, mulai dari jenis-jenis kebakaran, penyebab kebakaran, pencegahan kebakaran sampai dengan bagaimana cara penanggulangan kebakaran. Beliau juga memberikan penjelasan tentang alat pemadam api ringan (APAR), bagaimana cara penggunaannya dan bagaimana cara perwatannya jika tidak dipakai selama jangka waktu tertentu.

Dalam simulasi yang dilaksanakan di halaman Kantor PA Kisaran, Petugas Damkar Asahan mendemonstrasikan cara-cara memadamkan api. Mulai dari memadamkan api saat terjadi kebocoran gas di rumah, Irwan mempraktekkan cara melepas regulator yang sedang menyemburkan api. “Intinya jangan panik,” jelas Irwan saat melepas regulator dari tabung gas 3 kg.

Ketua, Wakil Ketua, hakim dan pegawai PA Kisaran juga diberi kesempatan untuk mempraktekkan cara-cara memadamkan api. “Dengan adanya simulasi ini, dapat menambah pengetahuan kita tentang bencana kebakaran, dan cara penanganannya” demikian dikatakan Wakil Ketua PA Kisaran, Drs. Khairuddin, MH saat ditanya tentang pendapatnya setelah berhasil memadamkan api dengan menggunakan APAR. (#2144)