IMG 0338

Badilag, 17 Mei 2022

Bertepatan tanggal 17 Mei 2022, hari Selasa pukul 11.00 WIB Dirjen Badilag, Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H didampingi Dr. H. Chandra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama, Dr. Dra. Hj. Nur Djannah Syaf, S.H., M.H. Direktur Pembinaan Tenaga Administrasi Badan Peradilan Agama menyambut kunjungan delegasi LIPIA yang terdiri Direktur Lipia Dr. Bandar Al alam , Wakil Direktur Lipia Dr. Mohammed Al Odaobi, Legal Lipia Dr. Fahad Alshammari bertempat di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI lt 6 Jl.Jenderal Ahmad Yani, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Kunjungan delegasi Lipia merupakan kunjungan balasan sekaligus untuk syawalan dengan pihak Badilag, yang mana hubungan antara Badilag dengan Lipia sudah terjalin cukup lama dan hingga saat ini hubungan tersebut tetap terjaga dengan dibuktikan kedua belah pihak sering berkomunikasi dan tukar informasi Riyadh Arab Saudi.terkait isu-isu penting tentang perkembangan pendidikan islam dan peningkatan kwalitas sumber daya manusia yang ada di peradilan agama serta peran Lipia di Jakarta yang merupakan cabang Universitas Ibnu Suud Riyadh Arab Saudi.

Kerjasama saat ini masih terus berjalan adalah pendidikan dan pelatihan para Hakim peradilan Agama pada Sekolah Tinggi Peradilan Riyadh, yang mana Lipia merupakan fasilisator berjalannya kerjasama yang telah disepakati sejak beberapa tahun silam. Delegasi Lipia menyampaikan apresiasinya atas segala capaian prestasi kerja dan segala anugerah yang didapat baik dari unsur pemerintah maupun pihak luar pemerintah.

Dr. Bandar Al alam selaku Direktur Lipia menyampaikan bahwa dengan diperolehnya penghargaan dari berbagai lembaga pemerintahan maupun pihak luar terhadap Badilag, hal ini merupakan keberhasilan seorang pemimpin yang menggerakan suatu organisasi dan harus diikuti jajaran dibawahnya, dan Dr. Bandar Al alam meyakini bahwa perolehan berbagai penghargaan tersebut sudah barang tentu melalui proses panjang dan memerlukan pengorbanan serta kerja super ektra.

IMG 0349

Disela sela perbincangan sembari minum teh panas dan terkadang diselingi canda, Aco Nur menyampaikan bahwa saat ini banyak perubahan sistem dalam segala lini kehidupan di Arab Saudi saat ini, seperti diperbolehkannya kaum hawa mengendari kendaraan dan beraktifitas dengan leluasa, ini menunjukan perubahan yang luar biasa, dan Dr. Bandar membenarkan hal tersebut. Aco Nur menyampaikan pandangan untuk kedepan bahwa kerja sama yang selama ini telah berjalan lancar perlu kiranya ditingkatkan ke berbagai agenda yang bertujuan peningkatan sumber daya manusia antar kedua belah pihak, dan alangkah bagusnya jika diklat dan pelatihan di Riyadh juga para hakim perempuan bisa diikutkan, mengingat jumlah hakim wanita kurang lebih mencapai 30 %, tegas Aco Nur.

Aco Nur diakhir perbincangan dengan delegasi Lipia menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan kali ini, dan berharap agar hubungan antara Badilag dan Lipia terus terjaga dan selalu komitmen meningkatkan dalam berbagai kegiatan dan kedepan diharapkan pihak Univeritas Al Imam Ibnu Suud Riyadh bisa berkesempatan memberikan kuliah umum secara daring. (AJ)

Sumber: Badilag MA RI