Dirjen Badilag, Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. memberikan pembinaan awal tahun 2021 kepada seluruh satuan kerja di lingkungan peradilan agama

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Badilag) menghelat acara pembinaan secara pada hari Jum’at, 8 Januari 2021. Bertempat di Badilag Command Center, acara ini dilaksanakan secara virtual dengan agenda penandatanganan pakta integritas dan penyematan Pin bagi 51 satuan kerja di lingkungan peradilan agama yang meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Dirjen Badilag, Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. memimpin langsung kegiatan tersebut didampingi Sekretaris, Drs. Arief Hidayat, S.H., M.M., Direktur Pembinaan Tenaga Teknis, Dr. Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag. dan Direktur Pembinaan Administrasi, Dr. Drs. Hj. Nur Djannah Syaf, S.H., M.H. dan seluruh pejabat esolon III dan IV di lingkungan Ditjen Badilag.

Pembinaan ini diikuti oleh seluruh Ketua Pengadilan Tinggi Agama/Mahkamah Syar’iyah Aceh, Ketua Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah peraih predikat WBK/WBBM hadir secara virtual melalui sarana Zoom Meeting, dan seluruh pengadilan agama dan pengadilan tinggi agama melalui Youtube Live Streaming.

Acara diawali dengan penandatanganan Pakta Integritas yang dilakukan oleh seluruh pengadilan tingkat pertama dan pengadilan tingkat banding di lingkungan peradilan agama, yang kemudian dilanjutkan dengan pemasangan Pin WBK/WBBM bagi satuan kerja yang mendapatkan penghargaan Zona Integritas yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negaran dan Reformasi Birokrasi ini.

“Tahun 2020 adalah tahun yang berat, Pandemi Covid 19 merubah banyk hal, tatanan sosial, ekonomi, dan aspek lain dalam kehidupan kita. Banyak korban berjatuhan, bahkan tak sedikit hakim dan pegawai pengadilan dari keluarga dekat kita, beberapa dari kolega kita di pengadilan. Saya selalu berharap dan berdoa agar kita semua terhindar dari segala macam bencana dari pandemi ini.” demikian Dirjen Badilag membuka kata dalam pembinaannya.

Selanjutnya ia menekankan, bahwa di masa pendemi ini kebutuhan masyarakat akan kepastian dan perlindungan hukum justru semakin tinggi. Pelayanan hukum di pengadilan menjadi kebutuhan yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Ini menjadi tantangan bagi peradilan agama untuk bisa menjadi semakin kreatif membuat terobosan dan aplikasi-aplikasi yang semakin memudahkan dalam bekerja dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat pencari keadilan.

Dirjen Badilag juga memberikan kilas balik capaian dan kinerja peradilan agama selama tahun 2020. “Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya bagi semua aparatur peradilan agama dimanapun berada yang telah bekerja dengan penuh dedikasi dan kedisiplinan untuk menyelesaikan semua tanggung jawab dengan tuntas. Saya juga tak henti-henti menekankan pentingnya menjaga keselamatan diri dan aparat peradilan dalam menjalankan tugas dengan menegakkan protokol pencegahan Covid19 dengan disiplin. Dan marilah kita songsong tahun 2021 ini dengan harapan dan semangat yang baru, agar situasi menjadi semakin membaik dan normal kembali. Demikian pungkasnya mengakhiri pembinaan. (ahb)

Kaleidoskop Badilag 2020

Januari
3 Januari 2020
Persiapan Keberangkatan 40 Peserta Diklat Ekonomi Syariah di Riyadh
22 Januari 2020
Dialog Internasional: Formulir Aplikasi Gugatan Mandiri dan Optimalisasi Basis Data Kemisikinan untuk Pembebasan Biaya Perkara
27 Januari 2020
Pencanangan Zona Integritas Badilag
30 Januari 2020
Launching Aplikasi Gugatan Mandiri & Aplikasi Validasi Akta Cerai

Februari
10 Februari 2020
Kunjungan Mahasiswa Australia ke Ditjen Badilag
12 Februari 2020
Penandatangan MoU dengan Universitas Gadjah Mada

Maret
10 Maret 2020
Penandatangan MoU dengan BRI Syariah

April
17 April 2020
Dialog Internasional: Pengadilan Keluarga di Masa Covid
29 April 2020
Purnabakti KPTA Pertama Secara Virtual
29 April 2020
Kuliah Virtual Hakim Agung

Mei
11-14 Mei 2020
Terobosan Baru Badilag, Fit and Proper Test Pimpinan Pengadilan Secara Virtual

Juni
19 Juni 2020
Sidak Online Dimulai
26 Juni 2020
Jajaki Kerjasama dengan Kuwait

Juli
1 Juli 2020
Kerjasama Beasiswa LPDP
28 Juli 2020
Ketua MA Resmikan Ruang PTSP, PTSP Online, Bank Data, Call Center, Aplikasi Vision Ditjen dan CCTV Online (ACO) Badilag
28 Juli 2020
Pertemuan Virtual Ketua Mahkamah Agung RI dan Ketua Family Court of Australia di Badilag Command Center

Agustus
26 Agustus 2020
Webinar Nasional Ekonomi Syariah bersama Wakil Presiden dan Ketua MA

September
5 September 2020
Seminar Internasional: Posbakum Online

Oktober
2 Oktober 2020
Seminar Internasional: Hak-hak Perempuan dan Anak Paska Perceraian di Tiga Negara
16 Oktober 2020
Penyusunan Media Informasi Disabilitas di Peradilan Agama

November
12 November 2020
Penyusunan Revisi Buku II: Integrasi Pedoman Administrasi Perkara dan Persidangan Eletronik
19 November 2020
Penyusunan Usulan Revisi Perma No 3 Tahun 2012 tentang Biaya Proses

Desember
22 Desember 2020
Ditjen Badilag dan 51 Pengadilan di Lingkungan Peradilan Agama Raih Predikat WBK/WBBM

Sumber: Badilag