Dalam upaya meningkatkan pelayanan informasi kepada masyarakat pencari keadilan, Pengadilan Agama Kisaran meluncurkan inovasi berupa chatbot berbasis Whatsapp. Dengan inovasi ini,  masyakarat  tidak perlu jauh-jauh datang ke Kantor Pengadilan Agama Kisaran hanya untuk informasi yang bisa dijawab oleh chatbot.

Untuk mengakses layanan chatbot autoresponse ini, masyakarat cukup mengetikkan “Hi atau Assalamualaikum” ke nomor Whatsapp 081265030033. Sistem akan menjawab secara otomatis dan memandu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. 

Layaknya chat dengan petugas informasi sungguhan,  pengguna akan disajikan pilihan menu seperti jadwal sidang, saldo biaya perkara dan status penerbitan akta cerai. lalu pengguna cukup menginputkan nomor perkara dan informasi akan tersedia dalam hitungan detik kapanpun dan dimanapun. 

Selain itu, chatbot juga bisa menampilkan kemungkinan nomor perkara sehingga tidak perlu lagi mengetikkan nomor perkara, dengan syarat nomor HP tersebut didaftarkan saat mendaftarkan perkara di Pengadilan Agama Kisaran.

“Kedepannya akan banyak lagi fitur yang disajikan oleh Chatbot ini”, ujar tim IT Pengadilan Agama Kisaran selaku pengembang. (xkurnx)