Seperti bulan-bulan sebelumnya, Pengadilan Agama Kisaran menggelar Bimbingan Mental (bintal) rutin bulanan di Musholla Al-‘Adilin pada Selasa sore (04/09/2018) Ba’da shalat Ashar.

Bintal kali ini dibawakan oleh Wakil ketua PA. Kisaran, Drs. Muslim, SH., MA. Sebelum bintal dimulai, beliau membagikan selebaran materi bintal kepada jama’ah musholla agar penyampaian dan penerimaan pendengar tidak melebar ke mana-mana. “Saya sengaja membagi selebaran ini biar pembahasan kita bias, ini bukan ajang untuk menyudutkan orang, tapi hanya mengingatkan”, ujar beliau dalam pembukaannya.

Ada 8 motivasi kerja yang disampaikan dan beliau merinci satu persatu motivasi kerja sesuai dengan isi materi tersebut, mulai dari motivasi terjamin finansial, hingga motivasi menjadikan kerja sebagai hobi.

Hampir di setiap poin, beliau selalu mengajak jamaah untuk merenungi apakah sesuai dengan motivasi kerja. “Apakah motivasi kerja kita hanya sekedar untuk mendapatkan uang?”, tekan beliau.

Saat masuk pada poin hobi sebagai motivasi, beliau menjelaskan bahwa jika pekerjaan sudah dianggap hobi,  maka pekerjaan yang sulitpun akan terasa ringan. “Jika sudah hobi, maka kita akan senang melaksanakannya, dan hobi kita itu dibayar”, jelas beliau.

Di akhir bintal beliau kembali menekankan agar memperbaiki motivasi kerja agar kinerja dapat ditingkatkan.