Tim Asesor Ekternal Akreditasi Penjaminan Mutu Peradilan Agama mengunjungi Pengadilan Agama Kisaran pada  hari Jum’at, 18 Mei 2018. Tim yang berjumlah 3 orang tersebut disambut langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Kisaran, Drs. H. Alimuddin, SH., MH di ruang kerjanya.

Tim tersebut dipimpin oleh Rusmin Rapi, S.T (PTA Surabaya) yang sekaligus sebagai Asesor Eksternal. Dalam melaksanakan tugasnya, beliau dibantu oleh Amrani, S.H., M.M dan Annang A. Hadi Eka Prasetyo, S.Kom dari PTA Medan.

Usai disambut oleh ketua, Tim langsung melaksanakan Opening Meeting di aula Pengadilan Agama Kisaran. Dalam Opening Meeting tersebut, anggota tim memulai dengan perkenalan singkat kemudian dilanjutkan dengan penjelasan agenda kegiatan. “Tujuan dari asesmen ini adalah untuk memastikan dan mengukur capaian penerapan  Standar Sertifikasi Akreditsi Penjaminan Mutu (SAPM)”, Ujar Rusmin Rapi dalam penjelasannya.

Usai Opening Meeting, tim langsung melaksanakan agenda selanjutnya yaitu telaah dokumen, telusur implementasi, dan observasi sarana dan prasarana.

Kegiatan asesmen ekternal ini dilaksanakan hingga malam hari. Para pegawai terlihat tetap bersemangat walaupun telah berpuasa seharian penuh. Kegiatan ini dilanjutkan keesokan harinya, Sabtu 19 Mei 2018.

Rangkaian kegiatan ini ditutup dengan closing meeting ba’da solat ashar hari Sabtu 19 Mei 2018. Dalam closing meeting ini, tim menyampaikan beberapa temuan yang perlu ditindaklanjuti.