Kamis (22/12), Keluarga Besar Pengadilan Agama Kisaran menggelar acara pelepasan 3 orang hakim di ruang Pertemuan  yang terletak di lantai dua Kantor Pengadilan Agama Kisaran.

 

Acara yang bertepatan dengan Hari Ibu tersebut dihadiri oleh sejumlah tamu undangan, diantaranya para Advokat, beberapa orang Hakim dari Pengadilan Negeri Kisaran, Wakil Ketua Pengadilan Agama Tanjung Balai, dan sejumlah undangan lainnya.

 

Tiga orang Hakim tersebut telah mendapat promosi dan mutasi berdasarkan hasil rapat Tim Promosi-Mutasi (TPM). Mereka adalah Bapak Drs. Malkan, SH yang dipromosikan sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Pandan, Bapak Drs. Ribat, SH yang dipromosikan sebagai Wakil Ketua Mahkamah Syariah Langsa, dan Dede Rika Nurhasanah, S.Ag menjadi Hakim di Pengadilan Agama Tanggamus.

 

Acara yang berlangsung dua setengah jam tersebut diakhiri dengan acara pemberian cindera mata dari Keluarga Pengadilan Agama Kisaran dan dari sejumlah tamu.

Dengan dilepasnya 3 orang hakim tersebut, maka jumlah hakim Pengadilan Agama Kisaran menjadi 8 orang. Untuk diketahui, jumlah perkara yang masuk hingga 20 Desember 2011 sudah mencapai 765 perkara atau naik sekitar 11% dari tahun sebelumnya. Statistik perkara yang masuk dalam kurun waktu 3 tahun terakhir memperlihatkan tren peningkatan rata-rata 11%. Berdasarkan data tersebut, diperkirakan perkara yang akan diterima pada tahun 2012 adalah sekitar 850 perkara, sehingga akan berbanding terbalik dengan jumlah hakim yang kini berjumlah 8 orang.


Hal tersebut menjadi akan tantangan tersendiri bagi Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Kisaran agar tetap bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya,  dan mudah-mudahan akan menjadi sarana penempa dalam mempersiapkan diri untuk menyambut kesempatan promosi dan mutasi tahap berikutnya, kelak.