IMG-20220809-WA0000

Badilag, 05 Agustus 2022

Yogyakarta, bertepatan hari Jum’at tanggal 05 Agustus 2022 Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. didampingi Hakim Yustisial Abu Jahid Darso Atmojo, Lc., LL.M., Ph.D melakukan kunjungan ke kota Yogyakarta dan mendarat di Bandara International Yogyakarta pukul 10.15 WIB dan dalam perjalanan dari bandara langsung melakukan inspeksi mendadak pada Pengadilan Agama Wates, PTA Yogyakarta, Pengadilan Agama Sleman, Pengadilan Agama Bantul.

Pada kesempatan kali ini satker yang mendapat kunjungan istimewa secara mendadak tersebut sempat diberikan apresiasi dan masukan kepada para petugas pelayanan publik, ketika Aco Nur melihat secara langsung terkait implementasi kebijakan Pimpinan Mahkamah Agung dan Kebijakan Ditjen Badilag MA RI tentang proses pelayanan bagi pencari keadilan.

Aco Nur dalam inspeksi mendadaknya mengelilingi seluruh ruangan tiga Pengadilan Agama tersebut tanpa kecuali, baik dalam ruangan gedung Pengadilan maupun area luar gedung Pengadian, dengan tujuan melihat secara langsung apakah kebijakan pimpinan Mahkamah Agung RI dan Badilag telah dilaksanakan oleh satker atau belum. Pengadilan Agama harus menerapkan 5R dan 5K, CCTV, Peningkatan Kualitas Pelayanan, program prioritas Ditjen Badilag MA RI 2022 demi mewujudkan peradilan agama yang agung dan modern, tegas Aco Nur.

IMG-20220809-WA0008

Pada setiap kunjungan kesatker Aco Nur berpesan agar seluruh aparat peradilan agama bisa menjalankan tugas dengan penuh amanah, semangat, ikhlas dan bertanggung jawab, serta mengangkat kearifan lokal, sehingga capaian yang didapat bisa optimal. Tentunya Pimpinan Satker harus terus memantau kinerja jajarannya serta saling berbagi pengalaman dalam menanta tata ruang dengan satker lainnya yang mampu memepercantik suasana lingkungan kerja yang nyaman, bersih, asri, artistik sehingga program mewujudkan pengadilan berkelas dunia bisa diwujudkan secara bersama-sama.

Untuk meningkatkan keberhasilan mediasi tentu ruang mediasi harus dibuat senyaman mungkin dan pimpinan satker harus memberikan fasilitas tersebut seperti dekorasi ruangan dengan diberi kata-kata motifasi yang islami, dengan wejangan Bahasa local yang mudah difahami masyarakat yang melakukan mediasi.

IMG-20220809-WA0011

Beberapa catatan dari hasil inspeksi mendadak adalah bahwa satker peradilan agama harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman dan terus berinovasi serta menjaga predikat Akreditasi Penjaminan Mutu dengan predikat A Excellent dengan diimbangi kualitas kinerja yang berintegeritas tinggi dan profesional. Serta satker yang belum memperoleh WBK dan WBBM agar terus berusaha bersama-sama, Aco Nur berkeyakinan jika suatu pekerjaan seberat apapun dikerjakan dengan bersama-sama dan saling transparan tanpa ada kepentingan tertentu, in sya Allah pekerjaan menjadi ringan dan membawa barokah untuk kita semua.( abj)

Sumber: Badilag